DEMA FISIP UIN Ar-Raniry Sosialisasi Pemilu Cerdas Anti Hoax

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menggelar diskusi publik dan sosialisasi pemilu cerdas bekerjasama dengan The Aceh Institute, Kamis (04/04/2019)

Kegiatan yang berlangsung di Aula Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry itu mengusung tema “Peran Mahasiswa dalam Menangkal Hoax , Politik Uang, Kampanye Hitam dan Ujaran Kebencian untuk Mewujudkan Pemilu 2019 yang Demokrastis”. Adapun pemateri dihadirkan dari Direktur Aceh Institute, Saiful Akmal, dan Komisioner Bawaslu Aceh, Fakhrul Riza Yusuf.

Tampak puluhan mahasiswa begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Ketua DEMA atau Gubernur FISIP, Hafijal, mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyongsong pesta demokrasi yang akan diselenggarakan pada 17 April 2019.

Foto bersama usai diskusi Pemilu cerdas anti hoax (Ist)

“Kita ingin memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai perannya dalam mewujudkan pemilu yang mampu menghasilkan pemimpin yang berkualitas,” tuturnya.

Hafijal mengajak semua peserta untuk melawan hoax dan tidak termakan oleh isu hoax jelang pemilu, karena dapat merusak tatanan kehidupan bermasyarakat.

“Apapun latar belakang, pandangan dan afiliasi politik seseorang, yang namanya hoax, politik uang , ujaran kebencian dan kampanye hitam merupakan musuh bersama yang harus dilawan oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk mewujudkan pemilu yang demokratis. ” Menurut Hafijal, Pemilu harus disambut dengan penuh kesenangan dan kegembiraan, bukan dengan ketakutan.

Komisioner Bawaslu Aceh, Saiful Akmal, menekankan pentingnya keterlibatan dan peran aktif mahasiswa dalam mengawasi pemilu dan mencerdaskan masyarakat, agar selektif dalam mengkomsumsi berita, menghindari politik uang, tidak terlibat kampanye hitam.

“Serta, tidak menyebar kebencian dengan lawan yang berbeda pilihan politiknya, dengan demikian diharapkan Pemilu 2019 berlangsung aman, damai, tenteram dan tertib,” katanya.

Sementara itu Ketua Panitia, Heri Miswanto, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Biro Kajian Aksi dan Advokasi DEMA FISIP UIN Ar-Raniry, dengan tujuan terwujudnya mahasiswa yang sadar akan perannya sebagai agen perubahan dan mampu memberi pencerdasan lebih terhadap masyarakat awam terutama bagi kota atau desanya sendiri. Sehingga, mahasiswa punya peran aktif baik itu di lingkup kampus maupun di lingkup bermasyarakat.

“Saya sebagai penyelenggara kegiatan berharap setelah selesai dari acara ini, peserta yang berhadir punya progres,” ujarnya. []

Editor : Irwan Saputra

KOMENTAR FACEBOOK