Muslizar: Menjadi Linmas adalah Amanah

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Wakil Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT, mengatakan menjadi seorang anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan niat yang sungguh, pilihan moral, panggilan jiwa, serta punya sikap dalam membela negara.

Hal itu ia sampaikan dalam sambutannya saat membuka pelatihan Linmas Wilayah II di Kantor Satpol PP dan WH Abdya dalam rangka pengawalan TPS pada pemilu serentak 17 April 2019.

Muslizar menyebutkan, tugas-tugas seorang Linmas tidak akan menjadi beban jika dilaksanakan dengan panggilan jiwa. Karena, pengabdian sebagai Linmas tersebut sebagai pilihan yang tulus. Bahkan, keberadaan Linmas diharapkan dapat memberi pengaruh kepada masyarakat untuk ikut mewujudkan lingkungan yang tertib dan tenteram.

“Seperti kita ketahui bahwa tidak lama lagi akan dilaksanakan pemilihan umum presiden dan legislatif. Oleh karena itu peran dan fungsi Saudara akan diuji dalam rangka menyukseskan pesta demokrasi di Kabupaten Aceh Barat Daya. Kami yakin dan percaya dengan kesiapan dan keterampilan yang Saudara miliki, nantinya akan memberi kontribusi yang besar dalam membantu tugas-tugas Saudara sekalian,” ujar Muslizar.

Ia menuturkan, pilpres dan pileg 17 April mendatang merupakan agenda yang sangat penting dalam berdemokrasi di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jadi, katanya, sudah menjadi kewajiban semua pihak untuk menyukseskan pesta demokrasi tersebut. Untuk itu, diperlukan kesiapan semua elemen termasuk Linmas yang akan digunakan sebagai petugas ketertiban dan keamanan di TPS nantinya.

“Oleh karena itu, kami atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya menyambut baik atas pelaksanaan pelatihan Linmas bagi masyarakat untuk pengamanan pemilu nantinya. Kita berharap semoga pelatihan yang diberikan ini benar-benar menjadi dasar dalam melaksanakan tugas pengamanan pemilu, sehingga pemilu 2019 di Kabupaten Aceh Barat Daya nantinya dapat berjalan aman, tertib, dan sukses,” ujarnya.

Muslizar menjelaskan, satuan Perlindungan Masyarakat atau Linmas adalah masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilannya untuk ikut melaksanakan kegiatan memelihara keamanan, ketenteraman, dan ketertiban masyarakat, terutama dalam penyelenggaraan pemilihan umum.

Hal tersebut sesuai dengan Permendagri Nomor 10 Tahun 2010 tentang penugasan satuan perlindungan masyarakat dalam penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan pemilihan umum, menjadi landasan hukum yang kuat bagi peningkatan pembinaan dan peranan Linmas oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya.

“Langkah awal kita untuk meningkatkan peranan Linmas dalam menghadapi pemilu 2019 ini adalah dengan meningkatkan sumber daya manusianya. Tentu saja kami berharap agar upaya kita tidak berhenti dengan pelatihan ini saja, tetapi dapat dilanjutkan dengan upaya-upaya lain yang dilaksanakan secara berkesinambungan, dan dengan melibatkan jajaran pemerintah yang berkaitan dengan pembinaan Linmas,” paparnya.

Kepada anggota yang mengikuti pelatihan Linmas, Muslizar berpesan agar setiap peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan pencerahan dari materi yang disampaikan nantinya.

“Masalah keamanan ini bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab dari petugas keamanan saja, tetapi juga memerlukan peran serta dari seluruh lapisan masyarakat. Kesuksesan dan keberhasilan pemilu nanti hanya akan terwujud bila ada kerja sama dan koordinasi dari kita semua,” pungkas Muslizar.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK