Pekerja Kantoran Umumnya Sakit Saraf Kejepit di Tangan?

Ilustrasi

Masalah saraf kejepit banyak dialami terutama pada punggung setelah mengangkat beban berat. Namun hal ini juga bisa dialami pada tangan dan tidak boleh disepelekan.

Saraf kejepit merupakan jenis gangguan fungsi saraf tepi (neuropati) yang terjadi akibat jeratan. Pada tangan, neuropati lebih dikenal sebagai Carpal Tunnel Syndrome (CTS).

“Di pergelangan tangan ada terowongan berisi saraf yang diapit oleh tulang dan jaringan keras. Posisi statis dan berulang dalam jangka waktu lama bisa mengakibatkan saraf terhimpit oleh jaringan di sekelilingnya,” tutur Manfaluthy Hakim, Dokter Spesialis Saraf di Jakarta.

Saraf yang terjepit pada awalnya menimbulkan sensasi kebas dan kesemutan. Jika dibiarkan, saraf akan mati dan kerusakannya tidak bisa dibenahi. Pasien tak dapat menerima sensori hingga kehilangan kemampuan motorik.

Penderita CTS pada umumnya ditemukan di kalangan pekerja kantor yang bekerja di hadapan laptop secara terus-menerus. Selain tangan, CTS juga dapat menyerang siku bagian dalam dan telapak tangan.

“Pasien CTS harus memakai perban khusus untuk mengurangi tekanan saraf. Dibutuhkan terapi obat dan vitamin neurotropik agar tidak semakin parah,” tandasnya.[]

Sumber : Merdeka

KOMENTAR FACEBOOK