Cita-cita Amru Mewujudkan 1.000 Tahfiz untuk Seribu Bukit

ACEHTREND.COM, Blangkejeren – H. Muhammad Amru tertegun sejenak, tatkala memandangi hamparan perbukitan di Kuta Panjang, Kabupaten Gayo Lues, Senin lalu (1/4/2019). Sorot kedua bola mata orang nomor satu di Gayo Lues ini terlihat berbinar-binar sambil mengusap-usap jenggotnya.

“Target kita ke depan, harus ada 1.000 hafiz dan hafizah di sini,” ujar Bupati Gayo Lues, H. Muhammad Amru kepada aceHTrend.

Pernyataan yang disampaikannya itu bukanlah isapan jempol belaka.  Ini dibuktikan dengan sikap dan komitmennya dalam menghidupkan generasi penghafal dan sekaligus pecinta kalam Ilahi di negeri seribu bukit tersebut. Untuk mewujudkannya itu, ia sangat menaruh perhatian besar terhadap peran dan dukungan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El Madny, dalam menyukseskan dan sekaligus peran aktif dalam menghidupkan syiar-syiar Islam.

Adapun cita-citanya adalah, satu hafiz dan hafizah masing-masing akan ditempatkan di satu bukit. Hal ini sesuai dengan gelar yang disematkan kepada Kabupaten Gayo Lues sebagai Negeri Seribu Bukit.

“Jadi ke depannya, Gayo Lues ini bukan hanya dikenal sebagai Negeri Seribu Bukit, tapi juga Negeri Seribu Tahfiz. Jadi, kita sangat menaruh perhatian kepada Adinda Usamah agar mengirimkan guru-guru tahfiz ke sini,” ujar Bupati Amru.

Bak gayung bersambut, niat dan cita-cita mulia Bupati Amru disambut hangat Usamah El Madny. Sebagai orang nomor wahid di Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah siap membantu dan sekaligus memberikan dukungan penuh demi mewujudkan harapan Pemkab Gayo Lues. Hal ini sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Aceh dalam mewujudkan Aceh Carong dan Meuadab.

Usamah menjelaskan, niat mulai Bupati Amru tersebut merupakan langkah positif dalam membentuk karakter generasi bangsa menjadi lebih baik. menurutnya, pembentukan karakter melalui pendekatan pendidikan Al-Quran selain menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak mulia, diharapkan mampu menjadi pondasi utama dalam meningkatkan derajat dan martabat peserta didik sebagai anak bangsa. Sehingga menjadikan generasi yang memiliki kepribadian yang seimbang, sehat dan kuat, sangat dipengaruhi oleh pendidikan agama dan internalisasi nilai keagamaan dalam diri peserta didik.

“Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh sangat mendukung dan mengapresiasi niat mulia Pemkab Gayo Lues. Ikhtiar Bupati Amru itu sesuatu yang luar biasa dan akan menginspirasi Aceh. Yang dilakukannya itu bukan hanya berdimensi dunia, tetapi juga akhirat,” ujar Usamah El Madny.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK