Dewan Desak Pemerintah Aceh Tangani Abrasi Sungai Babahrot

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Anggota DPRK Abdya, Yusran, mendesak Pemerintah Aceh segera menangani abrasi sungai Babahrot yang mengancam pemukiman penduduk yang berdekatan dengan sungai tersebut.

Menurut Yusran, abrasi sungai itu sudah banyak menyebabkan terkikisnya areal perkebunan warga di empat gampong, yakni Gampong Pantai Cermen, Pante Raja, Teladan Jaya, dan Simpang Gadeng.

Jika kondisi tersebut terus dibiarkan, maka tidak tertutup kemungkinan akan meluas ke pemukiman penduduk. Dirinya berharap, Pemerintah Aceh menaruh perhatian serius untuk menangani abrasi tebing sungai yang terus meluas, apalagi saat terjadinya banjir.

“Harapannya segera ditanggulanginya dengan memasang batu gajah atau lainnya agar tebing sungai yang terkikis ini tidak meluas,” ungkap Yusran, Jumat (5/4/2019).

Ia menjelaskan, abrasi sungai Babahrot di gampong tersebut telah terjadi sejak tiga tahun terakhir, bahkan setiap kali terjadinya musim hujan dan banjir, maka tebing sungai yang berada di gampong itu terus meluas. Hingga kini, katanya, belum ada upaya dari pihak pemerintah untuk mengatasinya persoalan tersebut.

“Ini kan wewenang provinsi, tapi sampai hari ini belum tertangani. Apa harus ada korban dulu, kemudian baru diatasi abrasi ini. Saat ini pinggiran sungai dengan rumah masyarakat semakin dekat. Kita berharap kepada Pemerintah Aceh untuk segera menanggulangi persoalan ini secepatnya,” pungkas Yusran.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK