Reuni Dadakan Dua Panglima

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Pertemuan antara Mualem dan Sofyan Dawood pada Kamis (4/4/2019) kemarin sempat menyorot perhatian publik. Setelah sekian tak muncul ke khalayak ramai, kedua mantan petinggi di sayap militer Gerakan Aceh Merdeka (GAM) terlihat duduk bersama  dengan penuh keakraban di pusat kuliner Sate Apaleh Geurugok, Bireuen.

Reuni dua eks panglima GAM ini turut menimbulkan tanda tanya besar dan multitafsir dari masyarakat Aceh. Pasalnya, kedua tokoh perjuangan GAM semasa konflik ini sempat “retak” akibat perbedaan pandangan politik.

Kendati demikian, pertemuan yang berlangsung sekitar pukul 17.00 WIB itu keduanya terlihat akrab dan rileks. Bahkan, keduanya sekali-kali terlihat saling mengumbar senyum dan gelak tawa tatkala menceritakan kenangan-kenangan masa lalu.

“Pertemuan itu tak sengaja. Kami hanya bertegur sapa dan bersilaturrahim, tak ada yang istimewa,” ujar Ketua KPA/PA, H. Muzakir Manaf alias Mualem saat dikonfirmasi aceHTrend, Jumat (5/4/2019).

Mualem menjelaskan, awalnya Mualem beserta rekan-rekannya singgah di Sate Apaleh Geurugok. Selang beberapa menit kemudian, Sofyan Dawood tiba-tiba juga bertandang ke lokasi. Akhirnya, Sofyan Dawood pun terlihat ikut nimbrung bersama Mualem dan rekan-rekannya. Kedua mantan panglima GAM itupun saling bertegur sapa dan berpelukan.

“Apa Yan (Sofyan Dawood-red) saat melihat kami, langsung menyapa kami yang kebetulan sudah duluan di situ. Pertemuan ini bisa dikatakan reuni dadakan, sebab tanpa terencana. Dalam pertemuan ini, kami juga tidak pernah berbicara soal politik, hanya menanyakan kabar masing-masing,” ujar Mualem.

Seperti diketahui, H. Muzakir Manaf alias Mualem dan Sofyan Dawood berbeda dukungan terhadap pemilihan calon presiden (capres) 2019 mendatang.

Mualem adalah mantan Panglima GAM yang mendukung dan sekaligus merangkap sebagai Ketua Badan Pemenangan Prabowo-Sandi di Aceh. Sedangkan Sofyan Dawood yang merupakan mantan Juru Bicara GAM mendukung calon presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf dalam barisan Koalisi Aceh Jokowi Amin Kuat (KAJAK).[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK