Akmal Buka Pameran dan Pentas Seni HUT Ke-17 Abdya

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim membuka pameran dan pentas seni dalam rangka HUT ke-17 Aceh Barat Daya. Pameran ini berlangsung hingga 10 April 2019 dan digelar di kawasan Kompleks Perkantoran Bukit Hijau di Blangpidie, Sabtu (6/4/2019).

Akmal menyampaikan, kegiatan tersebut memiliki makna penting sebagai upaya kilas balik perkembangan dan kemajuan yang selama 17 tahun dicapai Bumoe Breuh Sigupai.

“Walaupun selama ini pemerintah telah berupaya keras dalam melakukan pembangunan di berbagai sektor di Abdya, dan telah dapat dirasakan manfaatnya, serta informasi yang disampaikan pun sudah maksimal, tetapi tidak dapat dipungkiri justru yang selalu terjadi di kalangan masyarakat bawah adalah informasi yang berbeda dari fakta yang ada atau informasi yang diputarbalikkan oleh pihak-pihak tertentu,” ujarnya.

Informasi yang simpang siur ini tambah Akmal, menimbulkan kebingungan dan akhirnya masyarakat memberikan penilaian yang kurang baik terhadap pemerintah. Tentu situasi ini makin sulit untuk dikendalikan dikarenakan Sumber Daya Manusia (SDM) di tingkat gampong tidak seperti SDM di tingkat perkotaan. Sebab, akses informasi melalui media massa seperti koran dan internet nyaris tidak terakses oleh mereka.

“Oleh karena itu gelaran pameran dan pentas seni yang terlaksana ini, merupakan salah satu media yang diberikan pemerintah untuk memperlihatkan langsung produk hasil dari pembangunan dalam berbagai bidang, yang selama ini dilakukan pemerintah untuk membangun serta memajukan Kabupaten Aceh Barat Daya,” paparnya.

Selain itu, lanjut Akmal, pagelaran pameran dan pentas seni ini juga merupakan ajang untuk mempromosikan kesenian daerah serta berbagai hasil kerajinan tangan dan industri kreatif masyarakat yang tentunya sangat potensial untuk terus dikembangkan.

“Jika karya-karya seni daerah kita tidak diberdayakan dan menjadi perhatian kita bersama, maka tidak tertutup kemungkinan seni dan budaya, khususnya di Abdya akan hilang tergerus perkembangan zaman,” pungkas Akmal.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK