Jamaah Umrah NasDem Ikuti Tawaf Wada’

ACEHTREND.COM,Jeddah-Pukul 10:00 WSA, rombongan umrah NasDem bersama ulama Aceh, Minggu (7/4/2019) melakulan tawaf wada’, berkeliling Ka’bah sebanyak tujuh kali, sebagai salam perpisahan.

Ustad Ahmad, pemandu umrah dari Amanat Fadhilah Insan (AFI) Tour Jakarta, mengatakan tawaf wada’ adalah bentuk kemuliaan adab bagi siapa saja yang umrah. Hukumnya sunat, bukan wajib. Tidak masuk dalam rukun umrah.

Ahmad juga menjelaskan siapa saja yang sudah melaksanakan tawaf wada’ bila ingin melanjutkan shalat fardhu, maka tidak diperkenankan untuk meninggalkan bundaran tawaf di tengah Masjidil Haram. Bagi yang keluar, maka tidak diperkenankan lagi balik ke Masjidil Haram sesuai tawaf.

“Bila ada yang ingin menunggu shalat Dhuhur di sini, maka jangan keluar dari wilayah ini. Tunggu saja di sini. Bagi yang keluar, shalat saja di hotel. Di mushalla hotel kita bisa juga ikut shalat berjamaah dengan imam Masjidil Haram,” katanya.

Sebagian jamaah yang belum selesai berkemas segera kembali ke hotel. Sebagian lainnya memilih untuk tinggal sementara di mesjid.

Menurut jadwal, rombongan akan bertolak ke Jeddah pada pukul 14.00 WSA. Menginap semalam di sana dan pada 8 April akan bertolak ke Malaysia. Selanjutnya akan terbang ke Aceh pada 9 April 2019.

Sampai hari ini, alhamdulillah tidak ada jamaah yang terganggu kesehatannya secara serius. Beberapa orang memang diserang flu ringan. Beberapa lainnya mengaku kelelahan karena sempat melakukan umrah beberapa kali. []

KOMENTAR FACEBOOK