Buku “Sabda Rindu” Sulaiman Abda Diluncurkan di Unsyiah

Sulaiman Abda (memakai almamater Unsyiah) berfoto bersama sejumlah undangan @Humas Pemerintah Aceh

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Politisi Sulaiman Abda hari ini meluncurkan buku perjalanan hidupnya yang berjudul Sabda Rindu Kisah Cinta, Ujian, dan Mukjizat. Peluncuran berlangsung di AAC Dayan Dawood Unsyiah, Senin (8/4/2019).

Sejumlah orang penting pun hadir seperti Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Wali Nanggroe Malik Mahmud Al-Haytar, dan Rektor Unsyiah Prof. Samsul Rizal.

Sebagai tuan rumah sekaligus pembicara pada peluncuran buku ini, Prof. Samsul Rizal menyebutkan, Sulaiman Abda selaku Ketua Ikatan Alumni (IKA) Unsyiah merupakan “barang langka” yang dimiliki Aceh.

“Kita perlu belajar banyak dari sosok Sulaiman Abda karena berkat lobi melobinya di pusat, Aceh mendapat perhatian lebih. Bahkan Unsyiah yang sekarang mempunyai lahan terluas di seluruh universitas di Indonesia, tidak terlepas dari peran penting beliau sebagai ketua alumni Unsyiah,” ujar Samsul.

Sejak mahasiswa, Sulaiman Abda sudah menjabat sebagai ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema). “Jarang-jarang pada tahun ’80-an itu mahasiswa dari fakultas keguruan bisa menjadi ketua DEMA, kalau sekarang disebut Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Namun, Bang Leman bisa menempati posisi itu dan banyak terobosan yang digagaskan beliau pada masa itu,” ujarnya saat memberi sambutan.

Sementara Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengaku terkejut melihat massa yang hadir dalam peluncuran buku Sabda Rindu.

“Saya surprise melihat semua ini karena tidak ada orang lain yang bisa menghadirkan peserta dari berbagai lintas sektor dan komunitas seperti ini, kecuali Sulaiman Abda. Saya pun sebenarnya ada jadwal pertemuan dengan Petronas hari ini. Namun, karena kemarin beliau meminta saya untuk hadir di acara ini, justru saya lebih mengutamakan menghadiri inidari pada berjumpa dengan Petronas yang sebenarnya itu ‘peng tamong,” ujar Nova dengan nada bercanda.

Ia juga mengapresiasi buku yang ditulis oleh Hasan Basri M. Nur ini karena bisa dijadikan sebagai referensi untuk menginspirasi para pemuda, teurutama bagi generasi milenial.

“Buku ini perlu dibaca oleh generasi milenial, bagaimana perjuangan Sulaiman Abda mulai dari urusan cinta, ujian, dan mukjizat di kilas hidup beliau. Kita juga bisa belajar banyak dari beliau, apalagi urusan lobi melobi, bahkan saya pun terpengaruh untuk hadir kemari duluan, entah apa ilmu yang dipakai beliau?” tambah Nova disambut gelak tawa dan tepuk tangan peserta.

Buku Sabda Rindu yang baru diluncurkan itu menceritakan kisah hidup Sulaiman Abda yang dikemas dengan gaya penulisan yang menarik sehingga mengasyikkan bagi yang membacanya.

“Buku ini hanya satu garis yang belum sempurna dari kilas kehidupan saya. Semoga bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi yang membacanya,” ucap Sulaiman Abda saat memberikan sambutan.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK