Istri Perdana Menteri GAM Meninggal Dunia

ACEHTREND.COM,Redelong- Innalillahiwainnailaihirajiun, telah berpulang ke hadirat Ilahi Rabbi, Hj. Salamah binti Salihin (90), istri almarhum Perdana Menteri Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang kedua, Teungku Ilyas Leube. Dari informasi yang dihimpun aceHTrend, almarhumah menghembuskan nafas terakhir di Lampahan, Bener Meriah, Senin dinihari (8/4/2019) pukul 02.00 WIB.

Bagi GAM, Salamah bukanlah peremouan biasa. Almarhumah yang dikenal religius itu telah mendampingi perjuangan sang suami semenjak muda. Ia sangat setia mengikuti kemanapun sang suami bergerilya memperjuangkan kemerdekaan Aceh yang digerakkan oleh Teungku Hasan Tiro selaku pemimpin tertinggi GAM.

Suami Salamah adalah pejuang lintas pergolakan Aceh. Ia terlibat di DI/TII Aceh yang digerakkan oleh Daoed Bereueh, dan juga GAM yang dimotori oleh Hasan Tiro.

Ilyas Leube lahir di Kenawat, Laut Tawar, Aceh Tengah, pada 1923. Berdarah biru, dia tercatat sebagai Reje Linge ke XIX. Namun Ilyas tak pernah memposisikan diri dalam pergaulan kalangan elit. Dia lebih suka berada di tengah-tengah petani kopi di Tanah Gayo.

Dari tahun 198p hingga 1982 Ilyas Leube menjabat sebagai Perdana Menteri GAM ke-II, menggantikan Muchtar Hasbi. []

Foto dikutip dari Fb Joni Suryawan.