Panwaslih Abdya Ajak Perempuan Ikut Awasi Pemilu

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Ilman Sahputra, menyebutkan, keikutsertaan dan peran perempuan dalam pengawasan pemilu 17 April 2019 mendatang sangat diperlukan.

Sebab, berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan Pasal 246 menyebutkan, keterwakilan perempuan dalam pemilihan umum sebanyak 30 persen. Apalagi, jumlah pemilih didominasi oleh kaum perempuan.

Hal tersebut disampaikan Ilman dalam Sosialisasi Pengawasan Partisipatif yang dilaksanakan Panwaslih Abdya di Khana Pakat Guest House Blangpidie, Senin (8/4/2019).

Sosialisasi ini menghadirkan tiga pemateri, yakni Ilman Sahputra, Rismanidar, dan Dian Suksmadewi selaku tokoh LSM perempuan, serta diikuti oleh para peserta delegasi ormas perempuan di Kabupaten Abdya.

“Pengawasan pemilu ini tugas pokok Panwaslih, tetapi karena terbatas personel, Panwas meminta seluruh elemen masyarakat agar ikut membantu Panwas dalam mengawasi pemilu secara bersama-sama,” ungkap Ilman.

Ia menjelaskan, partispasi masyarakat terutama perempuan dalam proses pemilu sangat dibutuhkan, terutama dalam melakukan pengawasan pemilu dan menggunakan hak warga negara untuk mengawal hak pilihnya, serta adanya upaya kontrol dari publik untuk menjaga suara dan kedaulatan rakyat dalam penyelenggaran pemilu.

Ilman menambahkan, perempuan sebagai bagian dari masyarakat sangat diperlukan peran dan partisipasinya secara aktif dan kritis agar tidak terjadinya penyimpangan pemilu secara terbuka. Sebab, selama ini keterlibatan perempuan dalam proses pengawasan pemilu masih rendah karena adanya kekhawatiran ketidaknyamanan penyelenggaraan pemilu.

Tentunya, lanjut Ilman, dalam ketentuan melakukan partisipatif ini, tidak melakukan keberpihakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu. Kemudian, juga tidak mengganggu proses penyelenggaraan tahapan pemilu.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK