Panwaslih Kaji Insiden Berkibarnya Bintang Bulan di Kampanye PA di Lhokseumawe

@aceHTrend/Mulyadi Pasee

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Bendera Bintang Bulan berkibar di kampanye akbar Partai Aceh di Lapangan Hiraq, Kota Lhokseumawe, Minggu (7/4/2019). Sebelumnya Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) telah melarang membawa bendera Bintang Bulan.

Ketua Panwaslih Aceh Utara, T. Zulkarnaen, mengatakan pihaknya telah melihat ada pengibaran bendera Bintang Bulan dalam kampanye akbar Partai Aceh di Kota Lhokseumawe. Namun, untuk memastikan boleh atau tidak kampanye partai politik mengibarkan bendera tersebut, tim Panwaslih Lhokseumawe sedang melakukan kajian.

“Dalam Pasal 280 ayat (1) huruf i UU No 7 tahun 2017  tentang Pemilihan Umum disebutkan bahwa tidak boleh membawa atau menggunakan atribut selain dari tanda gambar/atau atribut peserta pemilu yang bersangkutan,” skata T. Zulkarnaen, saat dikonfirmasi via telepon, Senin siang (8/4/2019).

Dia menyebutkan, dalam pasal itu bisa ditafsir beragam, misalnya yang dimaksud tidak boleh adalah menggunakan bendera partai politik lain. “Yang kampanye Partai Aceh, tapi berkibar bendera partai itu, itu bisa ditafsir satu. Yang lain, bisa menafsir lain. Maka, perlu dikaji dulu satu atau dua hari ini,” katanya.

Dia menyebutkan, pengibaran bendera Bintang Bulan yang masih menuai pro dan kontra itu akan diputuskan dalam rapat pleno lembaga pengawas pemilu itu.

“Setelah pleno kita putuskan, apakah ditemukan dugaan pelanggaran, kalau ditemukan maka akan diteruskan ke sentra penegakan hukum terpadu untuk proses hukumnya,” terangnya.

Semua yang terpantau dalam kampanye Partai Aceh kemarin kata dia sudah dimasukan dalam form A untuk dikaji. Sebelumnya Panwaslih juga sudah meminta agar tidak ada membawa atribut lain selain partai yang berkampanye.

“Kami butuh satu atau dua hari untuk memastikan itu pelanggaran atau tidak,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan dalam kampanye Partai Aceh kemarin diwarnai pengibaran bendera Bintang Bulan. Belakangan bendera itu diturunkan oleh aparat keamanan yang ada di lokasi kampanye.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK