10.356 Saksi Partai Politik di Bireuen Ikut Bimtek Pemilu

ACEHTREND.COM, Bireuen – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Bireuen menggelar Bimbingan Teknis Saksi Partai Politik Peserta Pemilu 2019. Bimtek ini diadakan serentak di wilayah kerja masing-masing Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dimulai 7-12 April 2019.

Koordinator Divisi Pencegahan, Humas, dan Hubungan Antarlembaga Panwaslih Bireuen, Wildan, mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para saksi peserta pemilu yang akan bertugas di setiap TPS nantinya.

“Hal itu pada saat berlangsungnya pemungutan, penghitungan suara di TPS dan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan,” ujarnya kepada aceHTrend, Rabu (10/4/2019).

Bimtek ini juga sesuai ketentuan Pasal 351 ayat (7) UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Dalam undang-undang tersebut menjabarkan Bawaslu mendapat tanggung jawab untuk memberi pemahaman tentang peraturan teknis kepada saksi peserta pemilu,” jelasnya.

Wildan menambahkan total saksi yang mengikuti pelatihan itu sejumlah 10.356 orang yang berasal dari 10 partai politik, sedangkan lainnya dilakukan pelatihan oleh peserta parpol masing-masing.

“Sementara untuk pelatihan saksi capres dan cawapres dilaksanakan oleh tim kedua pasangan calon (paslon) tersebut,” ujarnya.

Wildan menambahkan, anggaran pelatihan saksi itu menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara  (APBN) yang diplot dalam DIPA Panwaslih Bireuen.

Selain itu juga diharapkan dengan pelatihan ini saksi dapat mengetahui proses dan tahap-tahap yang akan berlangsung secara keseluruhan di TPS. Dimulai dari tahapan pemungutan, perhitungan, hingga rekapitulasi suara tingkat kecamatan yang akan dilakukan oleh PPK nantinya.

“Kesiapan saksi saat bertugas akan memperkuat pengawasan pemilu di tingkat TPS, hingga dapat mencegah dan meminimalisir terjadi potensi khususnya pelanggaran,” harapnya.[]

Editor : Ihan Nurdin