Ini 4 Butir Pernyataan yang Ditaken Plt Gubernur Aceh

@aceHTrend/Taufan Mustafa

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Tak puas dengan pernyataan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang telah menyatakan komitmennya untuk melakukan advokasi hukum terkait izin PT. EMM, mahasiswa mendesar agar upaya tersebut dilakukan dalam waktu 14 hari ke depan.

Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak yang mendampingi Plt Gubernur Aceh turut menanggapi dengan mengatakan bilan Plt Gubernur Aceh serius dan berkomitmen untuk melakukan upaya hukum.

Hal itu disampaikan Kapolda agar mahasiswa tidak ragu pada pernyataan Plt Gubernur yang sebelumnya menyatakan bila ia berada dalam satu barisan dengan mahasiswa rakyat.

Plt Gubernur juga telah menandatangani surat pernyataan yang dibuat mahasiswa yang berisikan empat butir pernyataan khusus. Adapun isi pernyataan tersebut, yaitu:

(1) Saya Plt Gubernur Aceh siap melakukan gugatan melalui Pemerintah Aceh sebagai bentuk mempertahankan kekhususan Aceh dan membela rakyat Aceh;

(2) saya Plt Gubernur Aceh siap menerbitkan rekomendasi pencabutan izin PT. EMM;

(3) mengutuk tindakan pemerintah pusat yang tidak menghormati kekhususan Aceh yang dihasilkan dari butir-butir perdamaian antara Aceh dengan Indonesia;

(4) Plt Gubernur Aceh siap membuka dan mengecam dalang di balik berdirinya PT. EMM di bumi Aceh.

Kapolda memastikan kepada mahasiswa bahwa Plt Gubernur tidak main-main dan akan serius menindaklanjuti pernyataan sikap yang sudah ditandatangani. Apalagi pernyataan tersebut bermaterai.

Amatan aceHTrend di lokasi, mahasiswa masih ramai di area kantor Gubernur Aceh. Namun suasana sudah tenang dan kondusif, di antara mereka terlihat berswafoto dengan aparat kepolisian. Sementara itu, paving blok yang semalam dicongkel oleh mahasiswa untuk membuat “kuburan” terlihat sudah bertumpuk-tumpuk setelah dikumpulkan oleh petugas kebersihan pagi tadi.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK