KIP Abdya Gelar Simulasi Pemungutan Suara

@aceHTrend/Masrian Mizani

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) siang tadi melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilu 17 April 2019. Kegiatan berlangsung di lapangan bola kaki RAS Kecamatan Blangpidie, Kamis (11/4/2019).

Ketua Divisi Teknis KIP Abdya, Yudi Nirmansyah mengatakan simulasi tata cara pemungutan dan rangkaian tahapan proses pemilu tersebut dilakukan secara nyata dengan cara menyiapkan semua kebutuhan proses pemilihan, baik itu kotak suara, surat suara, dan segala kebutuhan lainnya.

“Kegiatan simulasi ini kita lakukan dengan cara nyata persis sama seperti hari pencoblosan. Kita ingin memperlihatkan kepada masyarakat terkait kondisi ril saat tibanya hari pencoblosan,” ungkapnya.

Dalam simulasi itu KIP Abdya juga menyediakan bilik suara, papan pengumuman DPT, petugas KPPS, pengawas TPS dan saksi. Selain itu,  simulasi ini dilaksanakan untuk melihat sejauh mana petugas di lapangan menghadapi situasi, sehingga semua yang terlibat dapat lebih terarah sesuai dengan tugasnya masing-masing.

“Tentu semua yang terlibat nanti dapat lebih terarah, sesuai dengan tugas mereka masing-masing,” ujarnya.

Petugas juga memperagakan tata cara memilih yang sesuai dengan aturan yang berlaku agar dapat meminimalisir kerusakan suara, mulai dari pemilih memasuki TPS, mencoblos hingga memasukkan surat suara yang telah dicoblos ke kotak suara.

Yudi menjelaskan, sampel yang digunakan dalam simulasi ini hanya satu TPS, yaitu TPS tiga yang ada di Gampong Mata Ie dengan jumlah pemilih di TPS tersebut sebanyak 293 orang.

Sementara itu, Kapolres Abdya, AKBP Moh Basori SIK berharap kepada penyelenggara pemilu dan seluruh masyarakat yang mengikuti simulasi supaya memahami betul bagaimana mekanisme pencoblosan dan penghitungan suara.

“Dengan simulasi ini kami meminta kepada penyelenggara pemilu dan masyarakat tolong dipahami dengan benar bagaimana mekanism dan SOP. Kemudian jika ada persoalan di TPS pemilih harus tau ke mana dia harus melaporkan dan tahapan-tahapan apa yang harus dia buat,” jelas Basori.

Acara itu turut dihadiri Wakil Bupati Abdya Muslizar MT, Dandim 0110/Abdya Letkol Arm Iwan Aprianto, Ketua KIP Abdya Sanusi, Ketua Panwaslih Abdya Ilman Saputra, anggota Komisioner KIP Abdya, serta tamu undangan lainnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK