Muslizar: Abdya Cita-citakan SDM Beriman dan Bermoral

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Wakil Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT mengatakan bila pendidikan merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan dalam membangun manusia. Hal ini sejalan dengan amanat Undang- Undang Dasar 1945, di mana pendidikan merupakan kebutuhan yang mendasar bagi setiap orang.

Selain itu, katanya, pendidikan juga merupakan hal utama dalam pembangunan bangsa. Dengan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal, maka semua persoalan pembangunan akan mudah teratasi, dengan didukung penciptaan akidah agama dan keimanan kepada yang Maha Esa.

“Tentu kita sangat mencita-citakan kehadiran SDM Abdya yang memiliki keteguhan iman dan moralnya, demokratis, toleran, patuh pada hukum, bangga akan kebudayaan dan jati dirinya, dan menjadi pelaku-pelaku pembangunan yang disegani dan diteladani di dalam negara republik Indonesia, maupun masyarakat dunia pada umumnya,” ungkap Muslizar pada acara pembukaan Annual Education And Competition (AESCO) yang diselenggarakan oleh MAN Abdya, Kamis (11/4/2019).

Dalam mewujudkan cita-cita tersebut, tambah Muslizar, maka sedini mungkin generasi Abdya dipersiapkan, baik melalui pendidikan yang sistematis, mulai dari tingkat dasar, menengah, hingga perguruan tinggi.
Namun kata dia, ketersediaan SDM Abdya yang andal, baik dari segi jumlah maupun mutu, salah satu tantangan terbesar yang sementara ini dihadapi Kabupaten Abdya.

Jadi, katanya, bagaimana posisi masyarakat dan Kabupaten Aceh Barat Daya dalam 20 sampai 30 tahun mendatang di tingkat nasional bahkan internasional akan ditentukan oleh sejauh mana peningkatan SDM Abdya pada hari ini.

“SDM Abdya yang andal di masa mendatang itu kita bayangkan sebagai masyarakat yang sehat, cerdas, inovatif, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mampu memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya lainnya secara bijaksana, serta jeli melihat peluang dan merebut berbagai kesempatan sosial ekonomi yang tersedia,” paparnya.

Untuk mencapai SDM Abdya seperti yang dibayangkan tersebut bukanlah perkara gampang yang bisa diselesaikan dalam satu-dua hari. Namun, semua pihak harus terlibat dalam melakukan upaya serius, terus menerus, tanpa henti dan tidak mengenal lelah.

“Pendidikan ini merupakan salah satu jalan yang harus kita perkuat demi mencapai cita-cita itu, disamping memperkuat bidang-bidang lain seperti perbaikan pelayanan kesehatan, pelatihan ketrampilan kerja, peningkatan akhlak, moral dan iman kepada Allah,” jelasnya.

Maka sambung Muslizar, para pelajar yang juga sebagai bagian dari pelopor perubahan serta kader pemimpin masa depan, dapat berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya kepada Aceh Barat Daya, tentunya dengan mempersembahkan prestasi terbaik sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

“Dimata masyarakat, sosok pelajar itu dianggap sebagai pemuda pilihan yang memiliki pengetahuan lebih, dan dituntut untuk dapat memecahkan berbagai masalah. Untuk itu diharapkan setiap siswa-siswi di MAN ini, agar mau membekali dirinya dengan berbagai pemikiran dan mau belajar dari apa yang dilihat, didengar dan dirasakan, baik oleh diri sendiri maupun dari pengalaman orang lain,” ajaknya.

Oleh karena itu, lanjutnya, selaku Pemerintah Kabupaten Abdya berharap agar seluruh siswa-siswi dalam kabupaten Abdya dapat menjadi pelopor dalam dunia pendidikan yang mau peduli terhadap pendidikan dan pembangunan masyarakat secara keseluruhan.

“Mari kita bangkit untuk mengejar berbagai ketinggalan dengan cara melahirkan konsep dan pemikiran baru, dengan demikian, kedepannya Kabupaten Abdya dapat menjadi barometer di bidang pendidikan bagi daerah lain khususnya di Provinsi Aceh,” pesan Muslizar.[]

KOMENTAR FACEBOOK