Tak Kunjung Ditemui Plt, Mahasiswa Aceh Bermalam di Kantor Gubernur

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Ribuan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi masih bertahan di halaman Kantor Gubernur Aceh, Rabu malam (10/9/2019). Pantauan aceHTrend, para mahasiswa memilih bertahan di teras dan halaman kantor dikarenakan masih menunggu kedatangan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Puluhan aparat kepolisian masih dikerahkan untuk mengawal jalannya aksi. Bahkan, sejumlah petugas kepolisian dan para mahasiswa memilih tidur di halaman dan teras kantor. Hingga saat ini, pihak kepolisian masih belum mengambil tindakan apapun, termasuk membubarkan massa.

Diberitakan sebelumnya, ribuan mahasiswa kembali menyuarakan penolakan pemberian izin tambang PT Emas Mineral Murni (EMM) di Beutong Ateuh, Nagan Raya dan Pegasing, Aceh Tengah. Dalam orasinya, para mahasiswa yang berasal dari beberapa perguruan tinggi ini meminta agar Pemerintah Aceh menolak pemberian izin tambang terhadap PT EMM yang ingin mengeksplorasikan tambang emas di wilayah tersebut.

Saat orasi berlangsung, sempat terjadi aksi saling dorong antara mahasiswa dengan satpol PP yang mengawal aksi unjuk rasa lanjutan tersebut. Bahkan pada hari pertama aksi, Selasa (9/4/2019) sempat terjadi kekerasan fisik terhadap sejumlah demonstran. Polisi pun menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa. []