Masuk Masa Tenang, Puluhan APK Diturunkan di Lhokseumawe

Personel Satpol PP menurunkan baliho APK di Kota Lhokseumawe, Minggu, 14 April 2019 @aceHTrend/Mulyadi Pasee

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Memasuki masa tenang kampanye pemilu dan pilpres 2019 yang dimulai sejak hari ini, Panwaslih Kota Lhokseumawe dibantu Satpol PP melakukan penertiban alat peraga kampanye, Minggu (14/4/2019).

Sejumlah APK paslon presiden dan caleg yang dipasang di jalan protokol, persimpangan jalan, pohon, dan tiang listrik dicabut dan diturunkan. Kemudian dikumpulkan dan diangkut dengan truk.

“Penertiban APK kita lakukan menindaklanjuti ketentuan perundang-undangan terkait Pemilu 2019,” kata Kasatpol PP dan WH Kota Lhokseumawe, Irsyadi, Senin (14/4/2019).

Sejak Minggu pukul 00.00 WIB, dilarang untuk berkampanye dan tidak boleh ada APK yang terpasang karena sudah memasuki masa tenang.

“Jadi, hari ini masih banyak APK peserta pemilu yang tidak diturunkan oleh partainya dan timnya, hingga kita langsung lakukan penertiban,” kata Irsyadi.

Irsyadi menambahkan, jika tidak tuntas hari ini penertiban akan dilanjutkan besok.

Penertiban APK di Kota Lhokseumawe diutamakan lebih dahulu  di seputaran jalan ptotokol, nanti baru dilakukan penertiban di empat kecamatan di Kota Lhokseumawe.

Ketua Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran, dan Sengketa Panwaslih Lhokseumawe, Sofhia Annisa, menyebutkan, selama masa tenang dilarang berkampanye dalam metode apa pun, termasuk pemasangan APK.

“Jadi, jika misalnya ada yang berkampanye dalam masa tenang maka itu masuk dalam pelanggaran pemilu kampanye di luar jadwal,” katanya.

Dia menegaskan tidak boleh ada kampanye dalam bentuk apa pun, termasuk melalui sosial media. Bila kedapatan akan diberikan sanksi.

“Sanksinya itu sesuai yang diatur dalam Pasal Tindak Pidana Pemilu Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017,” ungkap Sofhia Annisa.

Dia mengajak seluruh masyarakat bersama-sama menyukseskan pemilu 2019 dengan aman dan kondusif. “Misalkan jika ada kedapatan ada tim sukses dan peserta pemilu yang masih lakukan kampanye, bisa langsung melaporkan kepada kami Panwaslih Lhokseumawe maupun Panwascam atau Panitia Pangawas Gampong (PPG) di setiap gampong,” katanya.

Penertiban APK itu dipimpin Ketua Panwaslih Lhokseumawe, Teuku Zulkarnain, dan Kepala Satpol PP dan WH Kota Lhokseumawe, Irsyadi, didampingi anggota Panwaslih, Sofhia Annisa, dan Muzakir, pihak KIP Lhokseumawe, Panwascam, personel Polres Lhokseumawe, dan sejumlah unsur terkait lainnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK