KIP Minta Peserta Pemilu Tak Lagi Berkampanye

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh meminta peserta pemilu maupun tim sukses masing-masing kandidat untuk tidak lagi melakukan kampanye pada masa tenang ini.

Hal tersebut disampaikan komisioner KIP Aceh, Akmal Abzal, saat konferensi pers dengan sejumlah awak media di Lantai II KIP Aceh, Banda Aceh, Senin (15/04/2019).

“Kami sebagai penyelenggara dalam hal ini meminta agar peserta pemilu menyudahi melakukan saling berkampanye, karena sudah delapan bulan lebih waktu yang diberikan untuk menyampaikan visi misinya,” kata Akmal.

Menurutnya memasuki hari tenang ini benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, tidak melakukan ujaran kebencian, tidak menyebarkan hoaks, karena dari masing-masing warga sudah memiliki pilihanya.

“Kami sebagai penyelenggara hanya mengimbau saja, datang ke TPS untuk memberikan hak suara masing-masing pada 17 April, memberikan pilihanya pada pilihan yang sudah mereka ketahui yang dipilih itu baik untuk bangsa dan negara,” ujar Akmal.

Pada kesempatan itu Akmal juga meminta dukungan dari pihak media untuk menghentikan upaya delegitimasi para pihak terhadap penyelenggara pemilu, karena upaya yang dilakukan oknum tersebut dapat berimplikasi bias terhadap kepercayaan publik dengan hasil pemilu.

Akmal menyebutkan, upaya masif oknum yang ingin mendelegitimasi KPU bisa berdampak pada hilangnya kepercayaan publik terhadap hasil pemilu nanti. Padahal kata dia, dalam melaksanakan tugasnya KPU diawasi oleh Bawaslu, sedangkan Bawaslu diawasi oleh DKPP. Ketiga lembaga ini bersinergi bekerja secara profesional.

“Maka kami memohon kepada media untuk membantu penyelenggara agar siapa pun yang terpilih nanti dapat diterima oleh semua pihak,” tutupnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK