Panwaslih Bireuen Amankan Uang Rp1,4 Juta terkait Dugaan Politik Uang

Ilustrasi @apahabar.com

ACEHTREND.COM, Bireuen – Seorang wanita berinisial NH, warga Gampong Pulo Naleung, Kecamatan Peusangan yang diduga tim sukses (timses) calon anggota DPRK Bireuen diduga melakukan money politic dengan membagi-bagikan uang kepada masyarakat setempat.

“Kejadian itu diperkirakan dilakukan pada Jumat (12/4/2019), dia diduga salah satu timses calon anggota DPRK Bireuen dari Partai Golongan Karya (Golkar) Daerah Pemilihan (Dapil) II Bireuen,” kata Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antarlembaga Panwaslih Bireuen, Wildan, kepada awak media, Selasa (16/4/2019).

Menurut informasi, awalnya pelaku mendatangi keluarganya serta menyuruh memilih caleg tersebut dengan imbalan diberikan uang Rp100 ribu. Kemudian keluarganya mengajak keluarga lainnya.

Dia menambahkan, setelah menerima informasi dari Panitia Pengawas Gampong (PPG), pihaknya langsung menuju ke lokasi dan meminta beberapa keterangan dari para saksi. Dari keterangan saksi, benar adanya dilakukan money poltic.

“Jadi kami juga mengamankan barang bukti berupa uang Rp1,4 juta yang akan dibagikan,” kata Wildan.

Untuk saat ini, pihaknya belum meminta keterangan dari caleg tersebut, karena tidak diketahui keberadaanya.

“Jika nanti caleg ini terbukti melakukan hal tersebut, maka jika dia terpilih nantinya maka dia tidak akan dilantik sebagai anggota dewan,” tegasnya.

Jika memang nantinya terbukti membuat kecurangan, maka akan diserahkan ke Gakkumdu, karena pihak Gakkumdu sendiri yang berwewenang memberi keputusan.

Dia berharap masyarakat agar besok mengunakan hak pilihnya serta memilih caleg dan presiden sesuai dengan sesuai pilihan hati, bukan karena paksaan, bisikan-bisikan dari orang lain dan lain-lain.

“Kami meminta agar masyarakat nantinya dapat mengawasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga akhir perhitungan suara, jika ada pelanggaran bisa langsung dilaporkan ke petugas dan pihak keamanan yang berasa di lokasi,” ujarnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK