Sambut Pemilu bak Hari Raya, Emak-emak di Aceh Selatan Bikin Lepat

Emak-emak di Gampong Air Sialang Hilir Kecamatan Samadu membuat lepat @aceHTrend/Yelli Sustarina

ACEHTREND.COM, Tapaktuan – Besok masyarakat Indonesia akan menghadapi puncak pesta demokrasi untuk memilih pemimpin baru, baik presiden-wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRA, dan DPRK. Seluruh aktivitas perkantoran dan sekolah diliburkan.

Nah, masyarakat Gampong Air Sialang Hilir, Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan juga tak ingin ketinggalan momentum tersebut. Laiknya menyambut hari raya, kaum ibu di desa tersebut memasak lepat untuk memeriahkan pemilu. Hidangan itu nantinya akan disantap bersama keluarga usai pencoblosan.

“Kita masak lepat supaya nanti ada yang disantap sepulangnya dari pencoblosan. Ini kan sama saja dengan hari raya, yaitu hari rayanya bangsa Indonesia,” ujar salah satu warga, Marseha, kepada AceHTrend sambil mencari daun pisang untuk bahan membungkus lepat, Selasa (16/4/2019).

Lepat adalah makanan khas Indonesia yang banyak dijumpai pada masyarakat Sumatra seperti Minangkabau, Aceh, dan Melayu. Pada masyarakat Aceh, lepat biasanya menjadi makanan khas suku Aneuk Jamee yang mendiami bagian barat selatan Aceh. Dalam bahasa Aneuk Jamee disebut lapek.

Di Samadua dan Tapaktuan Aceh Selatan misalnya, membuat lepat pada hari-hari tertentu seperti acara kenduri, lebaran, atau Ramadan. Namun, ada juga yang membuat lepat pada hari pemilu seperti saat sekarang ini. Makanan yang ada pada hari-hari tertentu ini terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan parutan kelapa gongseng sebagai intinya. Kemudian adonan tepung itu dibalut dengan daun pisang yang kemudian dikukus sampai matang. Sebagian orang ada juga yang menambahkannya dengan buah labu, ubi, atau gadung. Namun, apa pun isi dalamnya tetap dibungkus menggunakan daun pisang muda.

Bentuk lepat mirip dengan timphan Aceh yang sama-sama dibungkus daun pisang, tapi lepat bukanlah timphan. Lepat hanya ada pada wilayah Aceh bagian barat selatan, sedangkan timphan umumnya terdapat di wilayah pesisir utara dan timur Aceh.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK