Tak Ingin Golput; Sejumlah Mahasiswa Aceh Singkil Mudik

ACEHTREND.COM, SINGKIL–Sejumlah mahasiswa Aceh Singkil yang saat ini sedang menuntut ilmu di Medan dan Banda Aceh serta daerah-daerah lain, melakukan mudik ke kampung halaman masing-masing.

Mudik itu mereka lakukan di samping untuk memenuhi hak sebagai warga negara dengan berpartisipasi pada Pemilu 2019 yang berlangsung Rabu 17 April 2019 juga ingin memilih anggota DPRK sesuai dengan keinginan mereka.

Seorang mahasiswa yang saat ini berdomisili di Banda Aceh, Muhammad Hadi Akbar kepada AceHTrend, Selasa (16/4/2019) mengatakan, mudik dilakukan untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019.

“Kami tidak ingin menjadi golongan putih (golput) dalam Pemilu ini. Apalagi kami telah terdaftar dan memiliki formulir model C6 di Aceh Singkil,” ujar Hadi Akbar.

Jadi, kalau kami memilih di tempat kuliah sekarang, jelas Hadi Akbar, mereka tidak akan bisa memilih caleg yang telah mereka idolakan.

“Tujuan kepulangan tersebut, adalah keterpanggilan batin untuk mendukung dan memilih caleg yang sudah jelas akan membangunan daerah,” tuturnya.

Mahasiswa lain, Rita menjelaskan, kepulangan mereka di samping ingin mencoblos di kampung halaman juga ingin memberikan penjelasan kepada orangtua dan sanak famili, siapa presiden dan anggota legislatif yang layak, pantas, dan wajar dipilih.

“Saya kuatir mereka memilih karena ikut-ikutan. Jadi, saya ingin menjelaskan pada mereka,” ucap Rita yang sekarang menuntut ilmu di Kota Medan, Sumatera Utara.

Lain pula halnya dengan, Riski, mahasiswa Unimal Lhokseumawe ini menjelaskan, di samping ikut mencoblos, ia ingin melepas rindu dengan orangtuanya.

“Hari Rabu mencoblos, Kamisnya hari terjepit, Jumat tanggal merah. Dan Sabtu saya tak kuliah. Bisa balik. Mumpung ada libur, saya manfaatkan untuk pulang kampung,” ungkap Riski.

Pengamatan AceHTrend, hingga saat ini (H-1), mahasiswa yang mudik ke Aceh Singkil mulai berdatangan. Mereka ada yang menaiki mobil rental, mobil umum, dan sepeda motor.[]

 

KOMENTAR FACEBOOK