KIP: Pemilu di Aceh Lancar

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh memastikan proses pemungutan suara pada pilpres dan pileg di Aceh pada Rabu, 17 April 2019 berlangsung aman dan tertib.

Selain itu antusiasme masyarakat Aceh juga dinilai cukup tinggi untuk mendatangi TPS agar bisa memberikan hak suaranya.

Hal tersebut disampaikan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Komisioner Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Akmal Abzal di Banda Aceh, Kamis (18/04/2019).

Akmal menjelaskan, kondisi terakhir proses pemungutan suara di Aceh sampai tadi pagi mulai dilakukan penggeseran hasil dari setiap TPS diarahkan ke kantor PPK di setiap kecamatan.

Menurutnya memang terjadi beragam atau varian dalam proses tersebut, ada yang mulai dari pukul dua dini hari dan pukul delapan pagi. Tergantung dari lancar atau tidaknya proses perhitungan suara di TPS.

“Alhamdulillah tidak ada kendala yang dapat mengganggu proses dari tahapan tersebut,” kata Akmal Abzal.

Namun demikian tambahnya, tidak bisa dipungkiri ada beberapa hal klasik yang menjadi persoalan di lapangan, seperti tertukarnya kertas suara antardapil, kemudian ada hal-hal lain tetapi semua itu tidak menjadi komplain yang menghambat tahapan.

Akmal menjelaskan, bila di lapangan ada kejadian tertukar surat suara antardapil itu akan dilakukan sesuai petunjuk yang telah diberikan kabupaten, yaitu PPS melaporkan ke PPK dan PPK berkoordinasi dengan komisioner. Hal ini menurutnya memang ada beberapa TPS stagnan beberapa jam karena kertas suara DPRK atau kertas suara untuk DPD yang tertukar, tetapi setelah dilakukan koordinasi semuanya teratasi sebelum masa pencoblosan berakhir.

“Sampai dengan saat ini tidak ada laporan yang menyangkut dengan kerusuhan-kerusuhan di lapangan yang mengganggu dan menghentikan tahapan di lapangan, jika ada riak-riak kecil itu hal yang normatif,” ujarnya.

Menurut Akmal, yang paling penting dalam pemilu 2019 ini ialah animo dan antusias masyarakat mendatangi TPS itu amat tinggi, bahkah secara nasional menargetkan 75 persen untuk level Aceh bahkan akan mungkin level nasional ini akan melebihi target yang direncanakan oleh KPU.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK