Kontingen Kebudayaan Aceh Meriahkan HUT Ke-44 TMII

ACEHTREND.COM, JAKARTA — Kontingen Kebudayaan Pemerintah Aceh tiba di Anjungan Aceh, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk memeriahkan HUT ke-44 TMII pada Kamis, 18 APril 2019. Kontingen dari Kabupaten Bireuen tersebut diterima Kepala Kantor Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) Almuniza Kamal.

Almuniza Kamal mengatakan, HUT TMII 2019 akan digelar dari 19-21 April 2019. Delegasi seni budaya daerah dari seluruh provinsi di Indonesia akan turut berpartisipasi mengikuti rangkaian kegiatan tersebut.

“Kami sudah melakukan berbagai koordinasi untuk memfasilitasi kegiatan dan rangkaian acara. Namun, persiapkan penginapan, makan, dan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh kontingen ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Bireun sebagai wakil pemerintah,” kata Almuniza melalui Kasubbid Promosi dan Pameran BPPA, Ir. Cut Putri Alyanur MM melalui siaran pers, Kamis (18/4/2019).

Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bireuen, Drs Muhammad Nasir, M.Pd mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan kontingen kebudayaan Aceh dari Bireun untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan HUT ke-44 TMII

“Adapun kegiatan yang akan diikuti oleh kontingen adalah Gita Natya Nusantara, Citra Budaya, Festival Puncak Silat Nusantara, Festival Kuliner, dan diakhiri dengan acara puncak yakni Pawai Budaya Nusantara,” katanya.

Dia menjelaskan, dalam Gita Natya Nusantara, salah satu tari yang akan ditampilkan adalah Peukaten Aneuk Nanggroe, yaitu atraksi yang menggabungkan tiga tarian tradisi, yaitu ranub lampuan, seudati dan rabbani wahed. Sedangkan Citra Budaya, lanjutnya adalah penampilan tarian rabbani wahed, salah satu tarian khas dari Kabupaten Bireun.

“Selanjutnya, nanti juga akan ada kegiatan lain yakni Festival Pencak Silat Nusantara. Festival tersebut diberi judul Putri Siwah dan Labang Donya yang disutradarai oleh Novianti MR. Terkahir, rangkaian tersebut akan ditutup dengan Pawai Budaya Nusantara. Kali ini kontingen dari Bireun akan menampilkan Khanduri Laot, salah satu kegiatan adat dari Kabupaten Bireun,” ujarnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK