KIP Instruksikan Rekap Suara di Kecamatan Harus Transparan

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Syamsul Bahri, menginstruksikan seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) agar transparan dalam melakukan rekapitulasi hasil pemilihan umum. Saat ini proses rekapitulasi surat suara di kecamatan mulai dilakukan di seluruh kabupaten/kota di Aceh.

“Saya instruksikan harus transparan, undang seluruh saksi dari caleg, partai politik, calon anggota DPD, dan saksi dari calon presiden, serta dapat dipastikan mereka hadir semua,” kata Syamsul Bahri atau disapa Yahcon, saat dihubungi aceHTrend, Minggu (21/4/2019).

Hal ini menurutnya sangat penting agar nantinya tidak ada komplain di kemudian hari. Saksi bisa melihat bagaimana rekapitulasi berlangsung di tingkat kecamatan.

Dia mengingatkan, PPK harus melaksanakan aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam melakukan rekapitulasi. Seluruh saksi peserta pemilihan umum, sambung Yah Con diharapkan melihat detail proses rekapitulasi suara.

“Jangan sampai saksi itu hanya diam saja di dalam ruangan, lalu di luar ngomong aneh-aneh, koar-koar. Silakan protes dan komplain lewat mekanisme yang sudah ada. Prinsipnya, penyelenggara pemilihan umum sangat terbuka,” katanya.

“Kami ingin memastikan seluruh peserta pemilihan umum menerima informasi yang benar lewat penyelenggara. Maka, saya imbau hadiri proses rekapitulasi itu,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK