Panwaslih Lhokseumawe Rekomendasikan PSU di TPS 01 Meunasah Masjid

Ketua Panwaslih Lhokseumawe T. Zulkarnaen memperlihat segel kotak suara yang rusak, 27 Februari 2019. @aceHTrend/Mulyadi Pasee

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Panitia Pengawasan Pemilihan (Panwaslih) Kota Lhokseumawe merekomendasikan Pemilihan Suara Ulang (PSU) di TPS 01 Gampong Meunasah Masjid, Kecamatan Muara Dua.

Ketua Panwaslih Kota Lhokseumawe, T. Zulkarnaen saat dikonfirmasi, Minggu (21/4/2019) mengatakan, pihaknya menemukan dua orang pria menggunakan C6 milik orang lain saat pencoblosan pada Rabu, 17 April 2019.

Temuan itu berawal dari kecurigaan pihak pengawas, KPPS, dan saksi yang tidak mengenal dua orang tersebut. Kemudian pihak Panwascam melakukan investigasi terhadap keduanya dan diketahui mereka tidak terdaftar di DPT.

Zulkarnaen mengatakan, PSU harus dilakukan karena surat suara yang dicoblos sudah masuk dalam kota suara. Jika tidak maka tidak perlu dilakukan PSU.

“Terkait temuan tersebut, kami telah merekomendasikan untuk dilakukan PSU di TPS 01 kepada pihak PPK paling lambat dilaksanakan 10 hari ke depan, karena unsur PSU sudah terpenuhi,” katanya.

Dia menambahkan, saat ini pihaknya sedang lakukan penyelidikan dan investigasi temuan tersebut, jika terbukti tindak pidana akan disesuaikan dengan ketentuan berlaku. Hingga saat ini Pemilu 2019 berjalan dengan aman dan tertib, tetapi ada TPSĀ  kurang kertas suara, langsung dapat terpenuhi setelah dilakukan koordinasi.

“Intinya pemilu di Kota Lhokseumawe berjalan dengan baik tanpa ada kendala. Namun hanya satu TPS yang direkomendasikan untuk dilakukan PSU,” ujarnya.[]

Editor : Ihan Nurdin