Peringati Hari Bumi, Mahasiswa UIN Ar-Raniry Cabut Paku di Pohon

@aceHTrend/Taufan Mustafa

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Memperingati Hari Bumiu Sedunia hari ini, sejumlah mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh melakukan aksi long march dari tugu Taman Sultanah Safiatuddin menuju kawasan Masjid Raya Baiturrahman di pusat kota, Senin (22/4/2019).

Melintasi kawasan tersebut, para mahasiswa mencabut paku-paku yang menancap di pohon bekas tempelan alat peraga kampanye dan iklan. Mereka juga mengutip sampah yang berserakan di sepanjang jalur tersebut.

Ketua Umum UKM Gainpala Ar-raniry, Fauzi Rahmad, selaku pihak yang memprakarsai aksi tersebut mengatakan, peringatan Hari Bumi merupakan salah satu program UKM Pecinta Alam Gainpala Ar-Raniry bekerja sama dengan Fakultas Teknik Lingkungan UIN Ar-Raniry.

“Kami dari pecinta alam Aceh, hari ini melakukan aksi untuk memperingati Hari Bumi Sedunia, kegiatan ini juga merupakan agenda tahunan organisasi Gainpala yang bekerja sama Fakultas Teknik Lingkungan UIN Ar-raniry,” katanya.

“Yang kami ketahui, masyarakat belum begitu paham tentang menjaga lingkungan, khususnya tentang memaku di pohon, dan masih buang sampah sembarangan, meskipun banyak petugas kebersihan serta imbauan yang dilakukan pemerintah,” katanya lagi.

Fauzi Rahmad mengatakan, lebih dari satu kantong plastik paku yang berhasil mereka cabut. Dalam satu pohon setidaknya ada 20 biji paku yang ditancapkan. Sementara sampah yang dikumpulkan sebanyak dua kantong plastik besar.

“Harapan kami ke depan, kepada pemerintah supaya mendorong masyarakat agar menjaga pohon, karena pohon merupakan sumber udara bagi manusia,” katanya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK