Tradisi Kenduri Anak Yatim Jelang Ramadan di Aceh Selatan

Bingkisan yang akan diberikan untuk anak yatim @aceHTrend/Yelli Sustarina.

ACEHTREND.COM, Tapaktuan – Sudah menjadi sebuah tradisi bagi masyarakat yang mendiami wilayah Aceh Selatan, setiap menjelang bulan Ramadan diadakan kenduri nasi untuk anak yatim. Seperti halnya di Gampong Air Sialang, Kecamatan Samadua yang mengadakan kenduri nasi anak yatim pada Minggu, (21/4/2019).

Masyarakat yang mempunyai kemampuan lebih membuat bingkisan nasi yang berisi lauk-pauk dan buah-buahan dalam satu baskom. Bingkisan yang dibalut dengan plastik warna-warni itu nantinya akan dibawa pulang oleh anak yatim yang ada di kampung tersebut.

Tidak ada pemaksaan bagi masyarakat untuk membuat bingkisan tersebut. Namun, mereka yang mempunyai kemampuan lebih dengan senang hati membuat bingkisan untuk anak yatim itu secara sukarela.

“Ini merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah Swt yang salah satunya dengan menyantuni anak yatim,” ujar Zahara, salah satu warga yang jauh-jauh hari sudah mempersiapkan bekal untuk kenduri anak yatim.

Bingkisan dari masyarakat tersebut dikumpulkan di masjid untuk didata oleh pengurus masjid sebelum diberikan kepada anak yatim dan para janda yang ada di gampong tersebut. Para anak yatim tersebut juga akan dibawa jalan-jalan keliling kampung dan diberikan sejumlah uang untuk keperluan menjelang Ramadan dan lebaran.

Kenduri nasi anak yatim juga dibuat di Kecamatan Meukek, Aceh Selatan. Hanya saja acaranya mirip seperti kenduri maulid.

“Kalau di tempat saya di Gampong Ie Dingen, para anak yatim dari gampong lain seperti Jambo Papeun dan Kuta Buloh diundang. Kemudian nantinya mereka pula yang mengundang anak yatim dari kampung kami seperti halnya undangan kenduri maulid,” ujar Sudar, warga Ie Dingen, Kecamatan Meukek.

Bagaimana pun konsep acaranya, inti diadakan kenduri nasi anak yatim ini untuk menyenangkan hati anak yatim dalam menyambut bulan suci Ramadan. Nah, bagaimana di daerahmu? Apakah ada juga tradisi seperti ini?[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK