Teungku Dayah Dilatih Ilmu Falak

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Dinas Pendidikan Dayah Aceh mengadakan pelatihan ilmu falak untuk teungku dari sejumlah dayah yang tersebar di Aceh, Jumat malam (26/4/2019).

Acara yang bertemak “Pelatihan Ilmu Falak untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Sebagai Metode Pengembangan Sumber Daya Manusia yang Tioritis dan Praktis” itu berlangsung di Hotel Mekkah, Banda Aceh mulai 26-29 April 2019.

Kepada Dinas Pendidikan Dayah Aceh, H. Usamah El Madny, dalam sambutannya yang diwakili Kepala Bidang SDM, Mustafa, mengatakan ilmu falak yang merupakan bagian dari ilmu agama, memberi kontribusi besar dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya bertujuan untuk menentukan waktu salat, arah kiblat, dan penentuan awal bulan Ramadan.

“Ilmu falak memberi kontribusi besar dalam wasilah kebolehan dan batas waktu ibadah seorang muslim, seperti penentuan waktu salat, arah kiblat, dan penentuan awal puasa,” ujar Mustafa.

Mustafa menyampaikan, ilmu falak atau yang juga dikenal dengan ilmu hisab, selalu dibutuhkan manusia. Hal ini bertujuan untuk menalaah tentang benda yang jauh di luar angkasa, sehingga ilmu falak memberi banyak manfaat bagi manusia.

Mustafa juga berharap, agar teungku-teungku berkenan aktif mengikuti acara yang diselenggarakan oleh dinas dayah tersebut.

“Kami berharap teungku-teungku berkenan aktif mengikuti pelatihan ini, sehingga mamfaatnya dapat dirasakan oleh kita semua, dan dapat dikembangkan secara lebih luas,” ujar Mustafa.

Sementara ketua panitia, Rosti Maidar, dalam laporannya menyampaikan, acara pelatihan ini akan diisi oleh pemateri yang ahli tentang ilmu falak baik. Para pemateri tersebut berasal dari sejumlah kalangan akademisi, birokrasi, dan tokoh ahli seperti, Tgk Abdullah Ibrahim (Tgk. Tanjong Bungong), Tgk. H. Muhammad Isa, Tgk. H. Muhammad Hatta, Lc, M. Ed, Dr. Suhrawardi, M, MSi dan Tgk. Al-Firdaus Putra.

Acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Seperti, Kabid Pembinaan Santri, Drs. Muhammad Nasir, kepala UPTD, Drs. Sahlan M. Dian, sejumlah Kasi dan pejabat lainnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK