Unimal Wisuda 1.142 Lulusan, 221 Orang Cumlaude

@aceHTrend/Bustami

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Universitas Malikussaleh (Unimal) menggelar rapat terbuka senat prosesi wisuda 1.142 lulusannya di Gedung GOR ACC Uteun Kot Muara Dua, Lhokseumawe, Sabtu (27/4/2019).

Dari jumlah 1.142 wisudawan angkatan XXII tahun 2019 itu sebanyak 221 mahasiswa lulus dengan nilai terbaik atau cumlaude.

Rektor Unimal Dr. Herman Fitra mengucapkan selamat atas kelulusan wisudawan dan wisudawati yang telah meraih gelar akademik sesuai dengan bidang ilmu yang ditempuh.

Sebanyak 1.142 lulusan ini dirincikan dari Program Magister Administrasi Publik 15 orang, Program Magister Hukum 9 orang, Program Magister Ilmu Manajemen 32 orang, Fakultas Pertanian 153 orang, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik 129 orang, Fakultas Kedokteran 21 orang, Fakultas Teknik 195 orang, Fakultas Hukum 100 orang, dan Fakultas Ekonomi 379 orang.

“Tahun ini merupakan tahun yang penting, karena menjadi tolok ukur keberhasilan dan perubahan-perubahan dari pada tahun sebelumnya, maka kita harapkan kepada para lulusan agar dapat menjaga nama baik almamater dan berusahalah untuk meningkatkan citra Universitas Malikussaleh ditengah-tengah masyarakat,” kata Herman kepada aceHTrend.

Menurutnya, momen wisuda harus dilihat sebagai sebuah fase baru dalam kehidupan. Ini bukan the point of arrival, bukan titik ketibaan dari proses belajar di perguruan tinggi dengan disiplin ilmu dan ketekunan yang diperlukan. Wisuda adalah the point of departure, titik berangkat untuk belajar lebih banyak lagi dalam dunia kehidupan yang semakin kompleks.

Lanjut Herman, saat ini ada konsep yang dikenal dengan revolusi industri digital 4.0 dan disruption era itu dimaksudkan agar manusia yang dihasilkan dari produk pendidikan nasional harus bisa menjadikan teknologi informasi dan industri digital yang berkembang saat ini menjadi nasehat bagi kehidupan manusia. Karena apa yang didengung-dengungkan dengan revolusi 4.0 telah mendapatkan kritik dengan tawaran baru yaitu revolution 5.0, yaitu manusialah yang harus menjadi pusat dari segala perkembangan teknologi bahkan artificial intellegence atau kecerdasan buatan.

“Jadikan diri kalian sebagai pesona, intan kemilau yang memancar warna dan cahaya bagi keluarga, masyarakat, dan bangsa. Di tanah ini kalian tegakkan harga diri. Dari kampus ini kalian tempa identitas diri, belajar dan menjadi orang yang berkarakter. Dari seorang mahasiswa, menjadi sarjana, dan kemudian menjadi ahsanit-taqwim, makhluk terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat dan alam,” pesan Rektor Herman kepada para peserta wisuda.

Acara wisuda tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari pada 27-29 April 2019 dan turut dihadiri unsur Muspida Plus Aceh Utara, Danrem 011 Lilawangsa Dan Lanal Lhokseumawe, Den Rudal Pulo Rungkom, pimpinan perbankan Lhokseumawe, para pimpinan perguruan tinggi di Lhokseumawe-Aceh Utara, ketua program pascasarjana, dan ketua lembaga di lingkungan Universitas Malikussaleh, serta keluarga dari wisudawan dan wisudawati.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK