Haji Uma Jenguk Dua Warga Aceh yang Dirawat di Jakarta

ACEHTREND.COM, Jakarta – Anggota DPD RI asal Aceh, H. Sudirman alias Haji Uma menjenguk balita penderita bocor jantung, Zafran Kamil, asal Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar yang kini dirawat di RSCM Jakarta, Senin (29/4/2019).

Kedatangan Haji Uma disambut tangis haru kedua orang tua Zafran Kamil. Berdasarkan pengakuan kedua orang tuanya, balita malang itu diketahui sudah dirawat selama tiga bulan lebih di RSCM Jakarta.

“Alhamdulillah, berdasarkan laporan tim di Aceh, kita langsung menjenguk kondisi Zafran,” ujar Haji Uma kepada aceHTrend via telepon seluler.

Dalam kunjungan tersebut, Haji Uma sempat mendengarkan kisah miris yang dialami Zafran dan kedua orang tuanya.  Berdasarkan keterangan  ayah korban, Muhammad, putra malangnya tersebut tidak langsung mendapatkan kamar rawat inap. Sembari menitikkan air mata, Muhammad dan istrinya menceritakan rela bergantian memompa ventilator manual untuk membantu pernapasan buah hatinya.

“Pertama masuk tidak langsung dapat kamar, karena ruang ICU penuh. Jadi  orang tua Zafran mesti memompa alat ventilator manual hampir semalaman guna bantuan pernapasan baginya. Alat pompa ini tidak boleh berhenti dan mesti disesuaikan. Tapi Alhamdulillah kemudian mereka mendapat kamar,” ujar Haji Uma.

Saat kedatangannya ke RSCM, tambah Haji Uma, ia tidak diperkenankan untuk melihat Zafran. Pemeran utama serial komedi Eumpang Breueh ini hanya diperbolehkan untuk bertemu dan berbicara dan kedua orang tuanya. Hal ini berdasarkan standar aturan operasional perawatan di RSCM Jakarta.

Haji Uma sendiri mengaku prihatin terhadap kondisi Zafran saat mendapat laporan stafnya yang dihubungi oleh orang tua Zafran. Sehingga di sela kesibukan aktivitasnya menyempatkan waktu untuk berkunjung.

“Saya mengetahui kabar terkait kondisi Zafran dari staf saya yang dihubungi oleh orang tuanya. Karena itu saya menjenguk dan ingin tahu lebih lanjut kondisinya. Kebetulan saya punya waktu luang baru selesai kunjungan kerja, jadi langsung ke RSCM,” ujar Haji Uma.  

Setelah hampir satu jam di RSCM, Haji Uma kemudian izin pamit sembari menitip bantuan untuk Zafran melalui orang tuanya. Selanjutnya, Haji Uma dan stafnya dari RSCM menuju ke Rumah Sakit Dharmais untuk menjenguk warga Aceh lainnya, Najmuddin, asal Pidie yang sedang dirawat karena mengidap kanker paru.

“Hari ini saya sedang memiliki waktu luang, jadi dari RSCM rencananya akan ke RS. Dharmais untuk membesuk saudara kita lainnya asal Aceh yang sedang dirawat di sana. Kebetulan kemarin saat dirujuk dan tiba di Jakarta, belum sempat saya jenguk,” kata Haji Uma.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK