KIP Abdya Mulai Lakukan Rekap Suara Tingkat Kabupaten

Rapat pleno terbuka rekapitulasi suara KIP Abdya, Senin, 29 April 2019@aceHTrend/Masrian Mizani

ACEHTREND.COM, Blangpidie  – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai melakukan rekapitulasi hasil pemilu serentak 17 April 2019 lalu. Rekapitulasi suara tersebut digelar dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil perolehan suara pemilu tahun 2019 tingkat kabupaten di Kantor KIP Abdya, Senin (29/4/2019).

Rekapitulasi tersebut turut dihadiri sejumlah calon legislatif DPRK terpilih dan tidak teripilih serta para saksi partai politik dalam pemilu 2019.

Kordiv Teknis KIP Abdya, Yudi Nirmansyah mengatakan, sejauh ini proses rekapitulasi DA 1 di tingkat kabupaten masih berjalan lancar.

“Kita harapkan acara berjalan lancar, tidak ada kendala. Bila ada kendala permasalahan di tingkat kecamatan kita perbaiki di sini, mungkin dari saksi-saksi ada kekeliruan atau kejanggalan di dalam menampilkan DA 1 silakan menempuh berdasarkan jalur, dan kita akan melayani keberatan sesuai rekomendasi Panwas,” ujarnya.

Saat ditanyai adanya salah satu saksi yang meminta penghitungan suara ulang di TPS III Gampong Geuleumpang Payong, Yudi menyampaikan jika sesuai rekomendasi panwascam baru bisa dilakukan penghitungan suara ulang.

“Pertama kan dibuka C1 hologram, kalau tidak pas antara saksi dan hologram itu baru dibenarkan untuk membuka C1 plano, tapi kalau C1 plano sudah sesuai tidak ada lagi komplain berarti sudah selesai. Namun apabila ada juga yang komplain tidak cocok itu dipersilakan untuk menghitung ulang,” terangnya.

Rapat tersebut turut dihadiri Kapolres Abdya, AKBP Moch Basori, Dandim 0110/Abdya, Arm Iwan Aprianto, Ketua DPRK Abdya, Zaman Akli, Asisten I Setdakab Abdya, Amrizal, perwakilan Panwas Kabupaten Abdya, serta Panwascam.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK