Pemkab Pidie Fokuskan Tiga Kecamatan sebagai Destinasi Agrowisata

ACEHTREND.COM, SIGLI – Sebagai daerah yang memiliki sejumlah destinasi wisata alam, Kabupaten Pidie terus berbenah dan sekaligus mengembangkan berbagai destinasi wisata yang dimiliki. Salah satunya adalah fokus terhadap pengembangan sektor agrowisata dan wisata sungai di Kecamatan Tangse, Mane, dan Geumpang. Selain dikenal sebagai daerah penghasil durian dan  ikan keureulieng, ketiga kecamatan ini juga memiliki kekayaan alam sehingga mampu memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung.

“Selain dikenal sebagai daerah penghasil durian yang enak nan legit serta ikan keureulieng yang gurih. Ketiga kecamatan yang berada di wilayah otoritas Pemkab Pidie ini rencananya akan dipromosikan sebagai destinasi agrowisata dan wisata sungai,” ujar Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud kepada aceHTrend via telepon seluler, Minggu (28/4/2019).

Fadhlullah menjelaskan, kedua sektor pariwisata itu sangat diprioritaskan sebagai destinasi wisata alam yang menjanjikan. Pasalnya, ketiga kecamatan tersebut merupakan kawasan yang memiliki lanskap pegunungan dengan tanaman hijau subur nan asri. Begitu halnya dengan jernihnya air sungai dengan mengalir di setiap celah-celah perbukitan.  Dalam hal ini, Pemkab Pidie direncnakan akan menfokuskan terhadap pengembangan ekosistem sungai sebagai salah satu sumber daya alam potensial.

Adapun lokasi wisata yang dimaksud seperti pemandian air panas di Gampong Pulo Seunong dan Beungga, wisata air terjun Ceuraceu Sikureueng dan Alue Jok.

Di balik segala potensi wisata yang disebutkan itu, tambah Fadhlullah, tak ketinggalan wisata arung jeram di Daerah Aliran Sungai (DAS) kecamatan Mane dan Geumpang sebagai magnet untuk menarik daya pikat wisatawan.

“Ekosistem sungai inilah yang terus kita fokus untuk menggenjot daya tarik pengunjung sehingga bisa menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Selain itu juga bisa memberikan semacam program edukasi dalam mengampanyekan keselamatan lingkungan agar bisa dinikmati oleh anak cucu kita kelak,” ujar Fadhlullah TM Daud.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK