70 Gampong di Abdya Belum Ajukan Pencairan Dana Desa

Kepala Dinas DPMP4 Abdya, Yusan Sulaidi. @aceHTrend/Masrian Mizani


ACEHTREND.COM, Blangpidie – Sebanyak 70 gampong di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) hingga kini belum mengajukan pencairan Dana Desa tahap I 2019. Padahal, batas akhir pengajuan pencairan dana tersebut hingga 6 Mei 2019 sesuai surat teguran yang dilayangkan oleh pemerintah daerah setempat.

“Dari total 152 gampong, yang sudah mengajukan berkas pencairan Dana Desa hanya 82 gampong. Jadi total yang belum mengajukan sebanyak 70 gampong lagi. Kami selaku dinas terkait sudah melayangkan surat teguran ketiga kepada gampong-gampong yang belum mengajukan pencairan. Surat itu langsung wabup yang menandatangani,” ungkap Kepala Dinas DPMP4 Abdya, Yusan Sulaidi, kepada aceHTrend, Selasa (30/4/2019).

Jika tidak segera diajukan berkas pencairan tersebut, dikhawatirkan akan berimbas pada proses pencairan Dana Desa tahap II dan III. Sebab, kata Yusan, persentase pelaksanaan kegiatan lebih banyak pada anggaran Dana Desa tahap II dan III.

“Jika ini tidak bisa dicairkan, maka yang kita khawatirkan pencairan tahap II dan III akan mengalami kendala. Sebab, persentase kegiatan di tahap II dan III mencapai 80 persen. Dan, ditakutkan kegiatan-kegiatan itu tidak mampu dikejar nantinya,” jelas Yusan.

Yusan berharap, dengan waktu yang masih tersisa ini agar pihak perangkat gampong segera untuk mengajukan pencairan Dana Desa tahap I. Jika pencairan Dana Desa sudah diajukan, maka proses pencairan dan pelaksanaan kegiatan bisa dengan segera dilaksanakan.

“Harapan kita supaya perangkat desa khususnya segera untuk mengirimkan berkas pencairan, agar dananya bisa secepatnya cair dan kegiatan-kegiatan desa juga bisa dilaksanakan dengan segera,” pesan Yusan.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK