Media Vietnam: Indonesia Langgar Batas Perairan Internasional

ACEHTREND.COM – Pemerintah Vietnam menuding kapal Indonesia telah beroperasi di dalam kawasan perairan Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) negara tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam, Le Thi Thu Hang seperti yang diberitakan oleh media VNExpress pada Selasa, (30/4/19).

Selain melanggar batas wilayah, Pemerintah Vietnam juga meminta Indonesia untuk segera melepaskan 12 nelayan asal negara tersebut yang kini ditahan di Indonesia.

Terkait dengan insiden penabrakan dengan sengaja dilakukan oleh Kapal Pengawas Perikanan Vietnam terhadap Kapal TNI AL KRI Tjiptadi-381 di Laut Natuna Utara pada 27 April lalu, Hang mengatakan Indonesia telah bertindak di dalam kawasan ZEE Vietnam.

Menurut Hang, Kapal Pengawas Perikanan Vietnam Nomor 213 bersinggungan dengan Kapal TNI AL KRI Tjiptadi-381 saat itu hendak menyelamatkan awak kapal ikan vietnam yang dikejar oleh TNI AL serta meminta Kapal TNI AL KRI Tjiptadi-381 untuk meninggalkan perairan Vietnam.

“Ketika beroperasi di perairan Vietnam, Indonesia melewati batas zona ekonomi eksklusif berdasarkan landas kontinen pada tahun 2003, 5,5 mil laut ke utara pada tanggal 27 April, kapal Ikan Vietnam dengan nomor TS 97916 dan 14 nelayan ditangkap dan dilintasi oleh kapal cepat Indonesia nomor 381, yang menyebabkan kapal penangkap ikan Vietnam tenggelam “, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Le Thi Thu Hang.

Hang mengatakan pihaknya, Kementerian Luar Negeri Vietnam telah mengirim surat diplomatik ke kedutaan Indonesia di Vietnam yang meminta pihak berwenang di Indonesia untuk memverifikasi informasi, membuat penyelidikan dan tidak mengulangi tindakan yang sama pada masa mendatang.(RH/VNExpress)

KOMENTAR FACEBOOK