PPK Geureudong Pase Gelembungkan Suara, Panwaslih Perintahkan Penghitungan Ulang

ilustrasi @jawapos

ACEHTREND.COM, Lhoksukon- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslih) Aceh Utara memutuskan untuk dilakukan penghitungan seluruh kotak suara di Kecamatan Geureudong Pase.

Pasalnya, Panwaslih menyatakan terbukti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Geureudong Pase melakukan kesalahan dalam melakukan rekapitulasi suara. Sehingga merugikan peserta pemilihan umum.

“Sebelumnya, kasus ini dilaporkan Partai Demokrat Aceh Utara dengan dugaan terjadi penggelembungan suara terhadap partai politik tertentu di kecamatan tersebut,” Ketua Panwaslih Aceh Utara, Yusriadi, Selasa (30/4/2019).

Dari hasil laporan dari Panwaslih Kecamatan Geureudong Pase dan Partai Demokrat, pihaknya membentuk majelis pemeriksaan dugaan pelanggaran adminitrasi pemilu dan sudah dilakukan sidang tiga tahapan.

“Kemudian di sidang tahap ke empat kita memutuskan agar dilakukan perhitungan suara ulang,” Jelasnya.

Dia menambahkan keputusan tersebut sudah dikirim ke KIP Aceh Utara, isinya memerintahkan untuk dilakukan penghitungan suara ulang di Kecamatan Geuredong Pase.

“Sesuai regulasi yang ada punya waktu tiga hari untuk melakukan setelah surat rekomendasi kami kirimkan,” katanya.

Meski sudah memasuki tahapan rekapitulasi suara di tingkat kabupaten, KIP masih bisa menyesuaikan jadwal untuk menghitung ulang suara di Kecamatan Geureudong Pase.

“Teknisnya kapan dilakukan bisa diatur oleh KIP Aceh Utara,” pungkasnya.

Sedangkan untuk kecamatan Seuneudon, saat ini sedang dilakukan proses verifikasi dan langkah-langkah pengamanan administrasi pemilu.

“Intinya hal tersebut akan ditindaklanjuti, nantinya akan dilihat faktanya dalam persidangan, maka itu tim majelis akan menentukan tindakan apa dilakukan,”tutupnya.