Usai Pemilu Situasi di Abdya Tetap Kondusif

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Kondisi di Kabupaten Abdya usai pemilu 17 April 2019 lalu tetap aman dan kondusif. Waka Polres Abdya Kompol Ahzan SIK didampingi Kabag Ops Haryono dalam konferensi pers siang tadi di Mapolres Abdya mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi segala bentuk kerawanan jauh sebelum pemilu berlangsung.

Bahkan kata dia, angka partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilih mencapai 86 persen. Angka tersebut di luar target partispasi nasional yang hanya 74 persen.

“Alhamdulillah kita di Abdya tetap dalam situasi aman dan terkendali. Meski sebelumnya ada perbedaan pandangan dan pilihan politik. Partisipasi masyarakat dalam menyukseskan pemilu juga sangat baik hingga melebihi target nasional,” ujarnya.

Ia menyebutkan, meskipun proses penetapan calon terpilih belum dilakukan, tetapi masyarakat Abdya sudah kembali beraktivitas seperti sedia kala tanpa terpengaruh dengan perbedaan pilihan politik sebelumnya.

“Meski komposisi masyarakat Abdya sangat heterogen, tetapi dalam hal menjaga toleransi antarsesama cukup tinggi sehingga menjadikan Abdya tetap solid serta harmonis,” ujarnya.

Selama pelaksanaan pemilu sambung Kompol Ahzan, Polri bersama TNI telah mengawal semua tahapan. Termasuk pascapungut dan penghitungan suara sehingga pesta demokrasi di Abdya berjalan aman dan lancar.
Selain itu, lanjutnya, dalam pelaksanaannya, Polri bersikap netral dan profesional dalam merespons hasil pemilu pascahitung suara.

Meskipun situasi dan kondisi Abdya saat ini masih tergolong kondusif, kewaspadaan tetap harus ditingkatkan. Sebab, tindakan teror dan tindakan pelanggaran lainnya bisa terjadi kapan saja.

“Besok masyarakat Abdya akan melaksanakan hari meugang, dan lusa berekreasi menyambut Ramadan. Untuk itu, kami mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga keselamatan apalagi kita juga sedang melakukan Operasi Keselamatan Rencong 2019,” pesannya.

Ia juga menjelaskan, kebutuhan akan terwujud stabilitas Kamtibmas yang kondusif tidak hanya menjadi keinginan dari aparat penegak hukum saja, tetapi juga bagi masyarakat itu sendiri. Karenanya dibutuhkan kerja sama antara masyarakat dan Polri dalam mengupayakan terwujudnya kondisi Kamtibmas yang stabil sehingga dapat mendukung pembangunan nasional menuju masyarakat yang adil dan makmur, spiritual, dan material.

“Keamanan tidak akan terwujud jika tidak ada peran aktif dari masyarakat, maka dibutuhkan saling bersinergi antara penegak hukum dengan seluruh elemen masyarakat Abdya,” pesan Waka Polres.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK