Wabup Muslizar Tinjau Lokasi Pemotongan Daging Meugang di Abdya

Wabup Muslizar saat meninjau lokasi pemotongan hewan ternak di DAS Krueng Bekah, Blangpidie, Abdya @acehtrend/Masrian Mizani.

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Wakil Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT meninjau lokasi pemotongan hewan ternak di Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Beukah, Kecamatan Blangpidie, Sabtu (4/5/2019).

Dalam meugang serentak di Abdya, para pedagang daging memotong hewan ternak berupa kerbau dan sapi lebih kurang sekitar 399 ekor untuk  memenuhi kebutuhan daging meugang dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1440 Hijrah.

Pemotongan hewan ternak tersebut dilakukan di sembilan kecamatan, yaitu di Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Susoh, Blangpidie, Babahrot, Kuala Batee, Jeumpa, Setia, Lembah Sabil, Manggeng, dan Kecamatan Tangan-Tangan.

Berdasarkan laporan yang diterima Muslizar, di Pasar Tanjung Bunga, Kecamatan Tangan-Tangan, masyarakat membeli daging kerbau dan daging sapi untuk kebutuhan meugang mencapai Rp200 ribu per kilogram.

“Kita mencoba monitor semua tempat pemotongan hewan ternak, tadi pagi dari laporan warga di pasar Tanjung Bunga Tangan-Tangan, harga daging Rp200 per kilogram,” kata Wabup.

Selain itu, sambung Wabup, harga daging kerbau dan sapi di DAS Krueng Beukah awalnya Rp180 ribu per kilograma. Namun, seiring banyaknya permintaan warga yang memadati lokasi pemotongan, kemudian harga naik menjadi Rp200 ribu per kilogram.

Sementara itu, Kabid Peternakan Dinas Pertanian Abdya, Laili Suhairi, saat dikonfirmasi awak media mengatakan, jumlah kerbau dan sapi yang dipotong hari meugang di Kabupaten Abdya sebanyak 399 ekor.

“Hewan ternak yang dipotong hari meugang ini ada yang berasal dari Kabupaten Abdya sendiri dan ada juga yang didatangkan dari luar daerah oleh para pedagang,” jelasnya.

Semua hewan ternak tersebut, baik sapi maupun kerbau yang dipotong di Kabupaten Abdya sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas.

“Petugas penting melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak tersebut, agar daging yang dijual pedagang kepada warga harus benar-benar sehat dan halal,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK