[FOTO]: Atmosfer Ramadan di Masjid Raya Baiturrahman dan Masjid Agung Al-Makmur Banda Aceh

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Memanfaatkan waktu senggang di bulan Ramadan, banyak warga kota mendatangi masjid untuk melakukan aktivitas keagamaan seperti membaca Alquran, berzikir, dan berdoa dengan kusyuk. Salah satu masjid yang ramai dikunjungi warga yakni Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Di masjid kebanggaan rakyat Aceh ini atmosfer Ramadan terasa sangat kental dan sangat cocok dijadikan destinasi wisata religi selama bulan puasa.

Masjid Raya Baiturrahman sejatinya memang selalu ramai dikunjungi warga. Namun selama bulan Ramadan, masjid ini juga menjadi salah satu masjid yang aktif melaksanakan segala aktivitas religi. Salah satunya adalah beriktikaf di masjid bersejarah ini.

Begitu halnya dengan suasana di Masjid Agung Al-Makmur Lampriet, Banda Aceh. Masjid yang juga dikenal Masjid Oman ini juga menjadi salah satu destinasi yang ramai disambangi warga. Ini diibaratkan seperti magnet yang mampu menarik para jamaah untuk menunaikan aktivitas religinya.

“Masjid Raya Baiturrahman ini sangat indah sekali, saya bisa melaksanakan salat dengan tenang dan nyaman di sini. Tidak seperti di negara saya di Jenewa, Swiss yang hanya ada satu masjid saja ,” ujar Samy Ghaffour saat ditemui aceHTrend, Selasa (7/5/2019).

Pria keturunan Maroko ini menuturkan, ia sengaja memilih merayakan Ramadan di Aceh. Baginya, ia telah memperoleh anugerah dan kenikmatan besar berupa kesempatan menjalankan ibadah puasa di negara dengan mayoritas muslim terbanyak di dunia.

Berbeda halnya dengan suasana Ramadan di negara asalnya yang aktivitas makan dan minum terjadi setiap saat.

“Saya sangat senang sekali bisa menikmati waktu sahur dan berbuka puasa bersama saudara muslim saya di Aceh. Mulai dari hidangan yang beraneka ragam dan mudah menemukan masjid untuk salat berjamaah,” ujar Samy Ghaffour.

Berikut foto-foto suasana di Masjid Raya Baiturrahman dan Masjid Agung Al-Makmur Banda Aceh:

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK