Terungkap Motif Pembantaian di Aceh Utara, Polisi Sebut karena Harta

Pelaku dihadirkan dalam Konferensi pers di Mapolres Lhokseumawe, Rabu, 8 Mei 2019@aceHTrend/Mulyadi Pasee

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lhokseumawe berhasil mengungkap motif pembunuhan sadis di Gampong Ulee Madon, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara.

“Tersangka Aidil Ginting (40) membunuh istri dan dua anak tirinya (karena-red) ingin menguasai harta gono-gini korban,” kata Kapolres Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta Irawan, melalui Kasat Reskrim AKP Indra T Herlambang, saat gelar konferensi pers di Mapolres Lhokseumawe, Rabu (8/5/2019).

Dia menjelaskan, tersangka dan korban baru berumah tangga selama empat bulan. Meski usia pernikahan masih seumur jagung, tetapi sudah mulai ada keretakan. Permasalahannya karena adanya kesenjangan pendapatan antara korban dengan tersangka. Karena tak terima, tersangka lantas membunuh istri dan kedua anak tirinya secara sadis. Polisi juga menyebutkan bila tersangka masih berharap ingin memiliki harta korban.

Polisi juga mengungkapkan, selain itu, tersangka juga sering membahas harta korban yang merupakan peninggalan dari suami pertama korban yang sudah meninggal dunia. Tersangka pernah ribut dengan keluarga korban karena menolak untuk menandatangani pembagian harta gono-gini.

“Karena si pelaku tidak berhak atas harta yang dimiliki korban, di situ mulai timbul masalah pertama terjadi antara pelaku dan keluarga korban. Karena keluarga menolak, si pelaku sebulan yang lalu sudah mengancam akan membunuh keluarga korban yang menolak itu juga. Pembunuhan itu pun sudah direncanakan tersangka satu bulan yang lalu,” kata Kasat.

Atas kejadian itu tersangka dikenakan sanksi Pasal 340 SUBS 338 KUHP atau Pasal 80 ayat 33 Undang-Undang Perlindungan Anak dan selanjutnya Pasal 44 ayat 3 UUD Nomor 23 tahun 2004 tentang KDRT.

Sebelumnya, tersangka selaku suami ketiga korban diringkus di Bundaran Lambaro, Aceh Besar. Beberapa jam setelah tersangka menghabisi nyawa Irawati (35) istrinya dan dua anak tirinya, yakni Zikra Muniza (12) dan Yazid (1,6) di rumahnya Desa Ulee Madon, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Selasa (7/5/2019) sekitar pukul 02.00 WIB.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK