Puluhan Santri Ikut Taman Ramadan di Air Sialang Samadua

ACEHTREND.COM, Tapaktuan – Puluhan santri laki-laki dan perempuan diantarkan orang tua mereka ke Taman Ramadan yang ada di Gampong Air Sialang Samadua, Aceh Selatan. Acara seremonial penyerahan antara wali santri kepada panitia Taman Ramadan itu berlangsung di Masjid At-Taqwa Air Sialang, Rabu sore (8/5/2019).

Taman Ramadan ini berlangsung satu bulan penuh selama Ramadan. Para santri yang terdiri atas anak-anak usia 4-15 tahun datang ke Taman Ramadan untuk belajar mengenai akidah akhlak, praktik ibadah, fikih, tauhid, dan kisah nabi serta rasul.

“Kami sengaja mengundang para orang tua santri agar melakukan serah terima kepada kami panitia pelaksana Taman Ramadan. Tujuannya agar anaknya terdata pada kami sehingga kami mengetahui berapa jumlah anak yang ikut dalam kegiatan Taman Ramadan,” ujar Ketua Panitia, Rialdi, dalam sambutannya.

Meskipun Taman Ramadan ini sudah ada sejak tahun 1980-an, tapi pada tahun inilah dibuat pertama sekali acara seremonial serah terima antara wali santri dengan panitia Taman Ramadan.

Menurut Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Air Sialang, Zamnur, upaya ini dilakukan agar ada kerja sama antara orang tua dan panitia Taman Ramadan. “Selama ini orang tua tidak tahu berapa banyak santri Taman Ramadan. Dengan diadakan acara seremonial ini, orang tua bisa melihat sendiri para santri Taman Ramadan yang ikut terlibatĀ dan aktivitas yang berlangsung di sini,” sampai Zamnur saat memberikan sambutannya.

Dalam acara ini puluhan orang tua santri juga ikut hadir mendampingi anak-anak mereka. Perwakilan wali santri, Musnadi, mengucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah meluangkan waktunya untuk mendidik anak-anak di Gampong Air Sialang.

“Kita juga patut berbangga bahwa Taman Ramadan ini adalah satu-satunya yang ada di Aceh Selatan, bahkan mungkin di Aceh. Di tempat lain tidak ada yang seperti ini karena memang kegiatan ini sudah berlangsung puluhan tahun. Oleh karena itu, banyak orang tua dari gampong lain mengantarkan anaknya untuk belajar kemari. Jadi, selaku orang tua kita juga ikut memotivasi anak dari rumah untuk pergi ke masjid melakukan salat Asar dan setelahnya ikut kegiatan Taman Ramadan,” ucap Musnadi yang dulunya pernah terlibat dalam kepanitiaan Taman Ramadan.

Acara seremonial ini berjalan lancar dan di akhir acara para santri memyalami satu persatu para orang tua yang hadir sambil melantunkan salawat badar.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK