NA Aceh Gelar Camp Ceria Ramadan

istimewa

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Departemen Pendidikan Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Aceh bekerja sama dengan sekolah Bintang Kecil Atjeh kembali mengadakan Camp Ceria Ramadan (CCR). Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap Ramadan di Masjid Taqwa Muhammadiyah Banda Aceh mulai minggu pertama hingga ketiga Ramadan.

Penanggung Jawab CCR 2019, Syarifah Zainab, mengatakan, CCR menyasar anak-anak usia 7-12 tahun. Ada pun agenda kegiatannya berupa, menonton dan meresensi film, membuat eksperimen sains sederhana, crafting atau membuat kerajinan tangan dari bahan dasar sabun dan pita, ada juga cooking class di hari terakhir yang dilanjutkan dengan bazaar atau market day.

“Anak-anak akan berkreasi dengan masakan sederhana mencoba memasarkan sendiri hasil karya mereka. Sebelum memulai kegiatan, anak-anak berkumpul untuk salat Duha dan menghafal Alquran sekaligus ziyadah (setoran hafalan) dan muraja’ah (mengulang hafalan),” ujar Syarifah Zainab melalui siaran pers, Sabtu malam (11/5/2019).

Kegiatan ini kata dia, difasilitasi oleh mentor-mentor dari Nasyiatul Aisyiyah dan Bintang Kecil Atjeh sesuai dengan bidang profesi masing-masing. Ada yang ahli crafting, menulis, mendongeng, dan lain-lain.

“Saat ini sudah 20 anak terdaftar mengikuti CCR, memang lebih sedikit dibandingkan dengan tahun sebelumnya karena tahun ini sekolah tidak libur saat Ramadan. Untuk kegiatan CCR tahun ini dilaksanakan dari pukul 08.00-13.30 WIB tiap akhir pekan minggu pertama hingga minggu ketiga Ramadan. Anak-anak terlihat ceria dan bergembira bahkan lupa kalau sedang berpuasa,” ujar Syarifah Zainab.

Ia menjabarkan, di hari pertama diisi dengan agenda rutin pagi dan dilanjutkan dengan perkenalan. Menjelang siang sudah mulai masuk materi menonton film dan meresensi. Kegiatan ini membuat anak-anak tetap produktif selama bulan puasa.

“Daripada di rumah bosan dan nggak tahu melakukan apa, mending cari kegiatan yang bermanfaat kayak di CCR. Senang lagi!” ungkap Noni (10), salah satu peserta CCR yang rutin ikut setiap tahun dan termasuk siswa yang aktif.

Setelah rangkaian kegiatan ini anak-anak dibuatkan laporan berupa portofolio yang bisa menjadi acuan orang tua untuk melihat keterampilan, minat, dan bakat anak-anaknya untuk dijajaki di hari berikutnya.

“Insyaallah kegiatan ini rutin kita adakan setiap tahunnya dan kami membuka kesempatan bagi seluruh pihak untuk bekerja sama dan mendukung kegiatan yang sarat manfaat ini,” kata Yurni Hardianti, Ketua Umum Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Aceh menambahkan.[]

Editor : Ihan Nurdin  

KOMENTAR FACEBOOK