Selama Ramadan Sekolah di Abdya Ajarkan Penguatan Keagamaan

Ilustrasi

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Selama bulan Ramadan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah di Abdya digantikan dengan kegiatan penguatan keagamaan. Hal itu dilakukan berdasarkan surat edaran Kepala Dinas Pendidikan Aceh mengenai KBM selama bulan puasa.

“Untuk sementara waktu KBM di setiap sekolah seperti pembelajaran adaptif, normatif, hingga kegiatan ekstrakurikuler ditiadakan,” ujar Kadis Pendidikan Abdya, Jauhari, Sabtu (11/5/2019).

Kegiatan tersebut kata Jauhari, akan berlangsung selama dua pekan, sejak hari pertama masuk sekolah pada Senin (12/5/2019) hingga Sabtu (25/5/2019) mendatang. Kegiatan ini melibatkan para guru di sekolah dengan sajian penyampaian yang lebih menarik dan membuat para siswa menjadi lebih betah dalam menyimak penyampaian ilmu keagamaan. 

Materi kegiatan menitikberatkan pada keislaman untuk membentuk karakter anak didik yang sesuai dengan akhlak Islam. Selain itu juga mengajarkan tentang ketauhidan berupa penguatan hati agar selalu mengesakan Allah dan percaya pada segala sifat-sifat Allah.

“Para siswa nantinya juga dibekali dengan penguatan pemahaman tentang salat wajib, salat sunah, termasuk tata cara menyelesaikan fardu kifayah bagi jenazah. Selain itu, para siswa juga dibekali dengan penguatan hafalan Alquran serta ilmu fikih seperti tata cara bersuci dan lainnya,” jelasnya. 

Dia berharap, melalui kegiatan penguatan keagamaan ini para peserta didik dapat meningkatkan pemahaman keagamaannya serta menjadikan ibadah sehari-hari lebih berkualitas. Dengan adanya kegiatan ini, aktivitas sekolah tetap berjalan seperti biasanya, sehingga jam belajar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.[]

Editor : Ihan Nurdin