Selain Berdonasi, Ini yang Bisa Dilakukan untuk Membantu Rakyat Palestina

Syekh Raghed L. A. Makki bersama anak-anak dan sejumlah jamaah serta tim KNRP di Masjid Taqwa Air Sialang Samadua, Aceh Selatan pada Minggu malam (12/5/2019). @aceHTrend/Yelli Sustarina

ACEHTREND.COM, Tapaktuan – Syekh dari Palestina, Raghed L. A. Makki, bersama rombongan Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Aceh Selatan melakukan roadshow atau safari Ramadan di tiga masjid di Aceh Selatan. Safari Ramadan yang diisi dengan kegiatan ceramah ini untuk memberi kabar terkini mengenai kondisi rakyat Palestina sekaligus menggalang donasi.

Ketiga masjid yang disinggahi, yaitu Masjid Agung Istiqamah Tapaktuan, Masjid Baitul Makmur Lhok Ketapang Tapaktuan, dan Masjid At-Taqwa Air Sialang Samadua.

Syekh Raghed yang juga merupakan salah satu imam di Kota Gaza Palestina ini menyampaikan bahwa hubungan antara Indonesia dan Palestina telah terjalin sejak awal kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Bangsa Palestinalah yang mengakui pertama sekali bahwa Indonesia telah merdeka,” ujar Syekh Raghed L. A. Makki melalui penerjemahnya Ust. H. Surianto, Lc,.MA kepada jamaah di Masjid At-Taqwa Air Sialang, pada Minggu (12/5/2019).

Ia menyampaikan tentang kondisi masyarakat Palestina saat ini yang terus menerus mendapat serangan dari Zionis Yahudi, sejak menjelang Ramadan hingga saat ini. Selain itu, juga ditampilkan tiga video tentang keadaan di Gaza dan gerakan Kembali ke Tanah Air oleh masyarakat Palestina.

Dalam ceramahnya tersebut ia juga berpesan tentang tiga cara yang bisa dilakukan bangsa Indonesia untuk membantu saudara-saudara di Palestina.

“Pertama, doakanlah agar Masjid Al-Aqsa dibebaskan dan rakyat Palestina merdeka. Saudara bisa mendoakannya di setiap kesempatan, terlebih pada bulan Ramadan ini,” sampai Syekh Raghed L. A. Makki kepada jamaah salat Isya, Tarawih, dan Witir tersebut.

“Kedua, dengan menginfakkan hartanya untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina, dan yang ketiga ialah mendidik anak-anak kita secara baik. Anak-anak yang cinta Alquran dan mampu menghafalkannya. Ajarkan kepada mereka tentang Islam karena di tangan merekalah agama Islam tetap ada di muka bumi ini. Kenalkan kepada mereka tentang musuh-musuh Islam agar mereka mampu mengalahkannya dan bisa merebut Masjid Al-Aqsa dari tangan Zionis Yahudi,” pesannya.

Pada kesempatan itu, tim KNRP Aceh Selatan menggalang dana dari para jamaah yang mau berinfak untuk Palestina dan terkumpul sebanyak Rp8.050.000. Pelelangan syal juga dilakukan dengan harga lelang satu syal Rp1.000.000.

Terhitung ada 20 warga Air Sialang yang membeli lelang syal tersebut, di antaranya ada satu syal milik Syekh Raghed L. A. Makki yang dilelang Rp2.000.000. Selain itu, ada juga seorang ibu yang memberikan cincin emasnya senilai 1/2 mayam emas.

Total seluruh infak yang terkumpul melalui jamaah di Masjid At-Taqwa Air Sialang ialah senilai Rp30.050.000 dan 1/2 mayam emas.

“Uang tersebut nantinya setelah terkumpul akan diserahkan ke panitia KNRP,” ujar Yosa, remaja masjid yang bertugas mengumpulkan donasi dari jamaah.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK