Abdya Kirim 22 Kontingen ke Musabaqah Tunas Ramadhan Pramuka di Nagan Raya

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melepas 22 kontingen Musabaqah Tunas Ramadan 2019 yang diselenggarakan di Kabupaten Nagan Raya. Pelepasan dilakukan oleh Wabup Muslizar di Pendopo Bupati Abdya di Blangpidie, Kamis (16/5/2019).

Pimpinan kontingen, Usmadi, dalam sambutannya mengatakan, pengiriman kontingen tersebut berdasarkan surat edaran gerakan Pramuka Kwartir Daerah Aceh dan surat keputusan Ketua Gerakan Pramuka kwartir Cabang Abdya, serta surat mandat dari Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Abdya.

“Pelaksanaan Musabaqah Tunas Ramadan atau musabaqah pramuka ini diselenggarakan setiap tahunnya tingkat Provinsi Aceh,” ungkap Usmadi.

Untuk tahun ini, kata Usmadi, musabaqah dilaksanakan di Kabupaten Nagan Raya mulai tanggal 16-21 Mei 2019.

“Tujuan dari musabaqah ini untuk membangun tali silaturrahmi dan persaudaraan yang kuat sesama anggota pamuka dan juga menjadi syiar Ramadan sekaligus mewujudkan pengalaman isi kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Usmadi menuturkan, keseriusan masyarakat dan pemerintah dalam merespons dan melaksanakan tunas Ramadan pramuka dari tahun ke tahun menunjukkan perkembangan dan peningkatan.

Hal tersebut sambung Usmadi, dapat dibuktikan dengan terus bermunculan usulan penambahan cabang maupun golongan yang dimusabaqahkan dan juga semakin banyaknya jumlah peserta utusan kabupaten/kota.

“Tentunya peningkatan ini tentu menggembirakan sekaligus merupakan tantangan. Karena peningkatan kuantitatif harus diikuti dengan peningkatan kualitatif dalam penyelenggaran maupun hasil musabaqah,” jelas Usmadi.

Dalam musabaqah ini, lanjut Usmadi, cabang perlombaan yang diperlombakan dalam kegiatan tersebut sebanyak lima cabang, yakni cabang Khattil Quran, Tahfidh Quran, Musabaqah Tilawatil Quran, Syarhil Quran, dan Fahmil Quran. Kelima cabang tersebut diikuti oleh masing-masing kontingen kabupaten/kota baik putra maupun putri.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK