Akhmad Kadyrov Mosque, Masjid Terbesar di Eropa yang Dijuluki “Hearth of Chechnya”

Masjid Akhmad Kadirov di Kota Grozny, ibu kota Chechnya. @AirPano.com
Masjid Akhmad Kadirov merupakan masjid terbesar di Benua Biru yang dibangun oleh Presiden Chechnya Ramzan Kadyrov dan dijuluki sebagai “Hearth of Chechnya”. Nama masjid ini diambil dari nama mendiang Presiden dan Tokoh spiritual Chechen (Chechnya) yang terbunuh pada tahun 2004 lalu, yang tak lain merupakan ayah dari Ramzan Kadyrov. Masjid ini mampu menampung hingga 10 ribu jemaah dan berdiri di atas lahan seluas 14 hektare.
Secara fisik bangunan masjid ini mengingatkan kita pada bangunan Masjid Biru di Turki. Ini tak lain karena arsitek masjid ini memang berasal dari Turki dan arstitekturnya terilhami oleh Masjid Biru. Empat menara masjid mencapai ketinggian 62 meter dan menjadi menara masjid yang tertinggi di Rusia saat ini.
Presiden Ramzan Kadyrov mulai membangunan masjid sejak tahun 2006, dua tahun setelah kematian ayahnya. Selesai dua tahun kemudian pada 2008 dengan total investasi mencapai 20 juta dolar AS. Dengan area yang sedemikian luas, masjid ini mencakup bagian dari Islamic Center, lengkap dengan Badan Urusan Agama Islam, Institut Agama Islam, Gedung Madrasah, Perpustakaan, hotel, hingga dormitory (asrama) bagi mahasiswa.
Interior masjid yang sangat indah yang didominasi warna-warna cerah.
Penampakan area masjid di malam hari yang bertabur cahaya warna-warni dari lampu yang dipasang di seluruh area masjid.

Sumber foto: airpano.com

KOMENTAR FACEBOOK