[FOTO] Suasana Iftar Jama’i di Festival Ramadhan 2019

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Seratusan pengunjung memenuhi halaman luar di Taman Budaya Banda Aceh untuk berbuka puasa bersama (iftar jamai), Kamis sore (16/5/2019). Pengunjung yang mayoritas muda-mudi ini menempati kursi-kursi yang sudah disediakan di bawah tenda.

Berbagai jenis makanan dan minuman untuk berbuka puasa telah disediakan. Mulai dari makanan khas Aceh seperti kuah beulangong, sie reuboh, muloh teupeh, kanji rumbi, dan makanan tradisional lainnya. Begitu halnya dengan aneka camilan berbahan cokelat dan keju hingga makanan khas Timur Tengah turut memeriahkan hajatan religi tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Jamaluddin terlihat agak sibuk. Maklum kali ini ia menjadi tuan rumah pada kegiatan iftar jama’i atau buka puasa bersama pada perhelatan Festival Ramadhan 2019. Tepat pukul 18.45 WIB, sirine berbunyi tanda dimulainya waktu berbuka puasa bagi warga Banda Aceh dan sekitarnya.

“Luar biasa nikmatnya aneka hidangan di sini yang kental dengan keacehan. Begitu juga suasana berbuka puasa di sini kian menarik minat wisatawan,” ujar Abdul Hadi alias Adi Gondong, salah satu warga saat ditemui aceHTrend di lokasi.

Kepala Disbudpar Aceh, Jamaluddin mengatakan, perhelatan ini merupakan wujud dan bentuk kepedulian Pemerintah Aceh untuk mempromosikan Provinsi Aceh sebagai destinasi halal di Indonesia. Festival Ramadhan 2019 ini diharapkan menjadi salah satu event wisata islami dan sekaligus untuk menarik minat wisatawan yang ingin berwisata religi ke Aceh, khususnya di bulan suci Ramadhan.

“Target kita ke depan, Festival Ramadhan 2019 ini bukan hanya sebatas seremoni semata. Namun juga bisa menjadi salah satu event islami yang termaktub dalam calender of event 2019, sehingga bisa mensyiarkan nilai-nilai dan tradisi masyarakat Aceh yang kental dengan Syariat Islam,” ujar Kadisbudpar Aceh, Jamaluddin.

Perlu diketahui, Festival Ramadhan 2019 merupakan bagian dari kalender event Aceh. Perhelatan  itu akan berlangsung 7 hingga 21 Mei 2O19 dan dibuka resmi oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.[]

Berikut ini suasana jelang berbuka puasa di Festival Ramadhan 2019 :

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK