Santuni Lansia Panti Jompo, Cara HMI Fakultas Syariah UINAR Berbagi di Bulan Ramadan

Amri Yusuf, alumni HMI Fakultas Syariah sedang memberikan santunan kepada Lansia di UPTD RSGS (Foto: Ist)

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Hampir seratusan mahasiswa yang tergabung dalam kader dan alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (UINAR) Banda Aceh, meramaikan panti jompo atau UPTD Rumoh Sejahtra Geunaseh Sayang (RSGS) di Gampong Lamglumpang, Ulee Kareng, Banda Aceh, Kamis (16/5/2019).

UPTD RSGS adalah unit pelaksana teknis milik Dinas Sosial Aceh yang bertugas melayani, mengasuh, dan membina para lansia yang nasibnya kurang beruntung atau terlantar.

Ketua Komisariat HMI Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Ranniry, Herigusmadi, mengatakan, kehadiran mereka bersama para alumni ke panti tersebut dalam rangka melakukan buka puasa bersama dengan para lansia di panti tersebut.

Suasana buka puasa bersama

Menurut Heri, saat wacana buka puasa ini disampaikan kepada para alumni, salah seorang alumninya merekomendasikan kepadanya agar melakukan buka puasa bersama dengan para lansia binaan UPTD RSGS. Sebelumnya, HMI Fakultas Syariah sering melakukan buka puasa bersama anak yatim.

“Karena selama ini kan selalu bersama anak yatim, kali ini kita santuni orang tua kita yang nasibnya kurang beruntung di panti milik Dinas Sosial Aceh tersebut,” kata Heri.

Heri mengaku, seniornya yang juga pegawai kontrak di Dinas Sosial Aceh itu sempat bercerita tentang para lansia yang saat ini diasuh di panti yang dipimpin oleh Intan Melya tersebut.

“Terus terang kami prihatin. Maka berangkat dari rasa prihatin itu kami bersama alumni bersepakat melakukan buka puasa di sini (UPTD RSGS). Kami juga sedikit membawa santunan semoga bermanfaat. Mereka juga orang tua kita, kami ingin menghibur mereka,” kata Heri.

Foto bersama

Mewakili alumni HMI Fakultas Syariah, Muhammad Dayyan, memuji langkah para juniornya yang memilih untuk melakukan buka puasa bersama dengan para lansia di UPTD RSGS. Menurutnya, Islam mengajarkan penganutnya untuk saling berbagi dan berempati kepada sesama, apalagi ini merupakan bulan Ramadan, bulan dimana banyak sekali berkah dan rahmat yang bisa kita dapatkan di dalam bulan ini.

“Alhamdulillah hari ini adek-adek HMI Fakultas Syariah melakukannya di sini. Ini adalah hal yang luar biasa,” kata Dayyan.

Sementara itu Kepala UPTD RSGS, Intan Melya, melalui Ustad Afni mengucakan terimkasih atas kesedian HMI Fakultas Syariah melakukan buka puasa bersama dan menyantuni para lansia di panti tersebut. “Kami di pihak panti mengucapkan terimakasih kepada HMI Fakultas Syariah,” ujarnya.[]

 

KOMENTAR FACEBOOK