AS: Terlalu Dini Bicara Pengganti Nova

Anggota Komisi I DPRA Abdullah Saleh. @Taufan Mustafa/aceHTrend

ACEHTREND.COM,Banda Aceh- Anggota DPRA dari Fraksi Partai Aceh, Teungku Abdullah Saleh, Minggu (19/5/2019) mengatakan terlalu dini bila wacana mencari pengganti Nova Iriansyah sebagai Wakil Gubernur Aceh. Kasus yang menimpa Irwandi Yusuf, walaupun sudah diputuskan di level Pengadilan Negeri, tapi masih dalam proses banding.

Hal ini disampaikan oleh Abdullah Saleh (AS) menanggapi artikel yang tayang di aceHTrend dengan judul: Mungkinkah PNA Tersingkir dari Wakil Gubernur Aceh?

Dalam komentarnya di grub Abdullah Saleh Forum, politikus asal Barsela itu mengatakan soal pengangkatan Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh hingga memiliki peluang mengisi jabatan wakil gubernur, masih terlalu jauh fase yang harus ditempuh.

Tidak ada pengangkatan Nova sebagai gubernur bila Irwandi tidak dihukum bersalah melakukan korupsi, dengan putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (in crach van gewiysde).

“Dalam kasus Pak Irwandi sekarang ini walau sudah ada putusan di tingkat Pengadilan Negeri, baik Jaksa KPK maupun pak Irwandi sendiri mengajukan banding dan setelah putusan banding di Pengadilan Tinggi Jakarta, besar kemungkinan salah satu pihak bahkan kedua pihak akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung RI,” tulis AS.

Untuk proses banding dan kasasi ini juga bisa memakan waktu 5 sampai 6 bulan lagi. Setelah itu baru Nova dilantik. Untuk mengisi jabatan wagub juga masih diperlukan masa persiapan.

“Jadi masih panjang rentang waktu yang harus dilalui. Jangan-jangan Pak Irwandi bebas di tingkat banding dan atau kasasi. Kan peluang untuk wagub pengganti tidak terjadi. Makanya menurut saya santai saja jangan grasa grusu soal wagub pengganti ini.”

KOMENTAR FACEBOOK