Ini Dia 10 Penyaji Terbaik Festival Ratoh Jaroe di Jakarta

ACEHTREND.COM, Jakarta – Festival Ratoh Jaroe yang diselenggarakan Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) sejak 17-19 Mei 2019 telah sampai pada tahap penjurian. Dewan juri memilih 10 penyaji terbaik untuk kembali diikutsertakan dalam babak final pada bulan November di Kementerian Pariwisata RI.

“Selamat kepada 10 penyaji terbaik. Sampai ketemu nanti pada final di bulan November di Kementerian Pariwisata untuk memperebutkan piala bergilir Gubernur Aceh,” ujar Kapala BPPA, Almuniza Kamal, di Atrium Fashion Mall Kota Kasablanka Jakarta, Minggu, 19 Mei 2019.

Almuniza menjelaskan, pagelaran Festival Ratoh Jaroe 2019 itu bertujuan menumbuhkan semangat solidaritas, persatuan, dan kesatuan bangsa di kalangan pencinta seni dan generasi muda Indonesia.

“Artinya, pelestarian tarian seni budaya nasional terutama dari Aceh harus benar-benar dijaga dan dipelihara,” kata dia.

Karenanya, BPPA juga konsen dalam menggelar kegiatan sejenisnya agar kesenian dalam diri anak muda di Indonesia mengakar kuat. Dengan begitu, anak-anak muda sudah dididik sejak dini untuk tidak melupakan kebudayaan leluhurnya.

“Apalagi saat ini kita lihat banyak anak muda yang abai atau bahkan tidak tahu seni budaya itu apa. Bahkan seni budaya baik tari, tutur, dan lain-lain yang berasal dari daerahnya sendiri,” sebut Almuniza.

10 penyaji terbaik tersebut mendapatkan piala, sertifikat, dan uang pembinaan sebesar Rp1 juta dari BPPA.

Adapun para pemenang, yaitu SMAN6 Tangerang Selatan (Penyaji Terbaik I), SMAN 11 Tangerang Selatan (Penyaji terbaik II), SMAN 1 Kota Tangerang (Penyaji terbaik III), SMAN 86 Jakarta (Penyaji terbaik IV), SMAN 90 Jakarta (Penyaji terbaik V).

Dilanjutkan penyaji terbaik VI diraih oleh SMAN 29 disusul oleh SMAN 3 Kota Tangerang sebagai Penyaji terbaik VII), SMAN 2 Kota Tangerang (Penyaji terbaik VIII), SMAN 12 Tangerang Selatan (Penyaji terbaik IX), dan SMAN 54 Jakarta (Penyaji terbaik X).

“Penampilan semuan penari bagus. Namun dewan juri harus mengambil keputusan 10 penyaji terbaik. Dan inilah penyaji terbaik tersebut,” ujar salah satu dewan juri dari pakar seni dari Rumah Budaya Indonesia TMII, MS. Trimawarsanti.

Tak hanya memberikan penghargaan kepada para penari, Kepala Subbidang Promosi dan Pameran BPPA yang juga Kepala Anjungan Aceh di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Cut Putri Alyanur juga memberikan apresiasi sejumlah uang tunai kepada tiga penulis puisi terbaik Ratoh Jaroe untuk memeriahkan Festival Ratoh Jaroe 2019.

“Ada 11 puisi yang masuk dari 23 perwakilan sekolah. Setelah melalui kurasi dari dewan juri puisi saya dan Pilo Poly, maka terpilih tiga puisi terbaik, yakni juara I jatuh pada SMAN 11 Tangerang Selatan, juara II SMAN 54 Jakarta, dan juara III jatuh pada Sekolah Mentari Internasional School Bintaro,” ujarnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK